Home Seni Budaya Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak, Jalan Langenastran Lor Ditutup

Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak, Jalan Langenastran Lor Ditutup

701
0
Jalan Langenastran Lor (akses ke Alkid), Yogyakarta, Sabtu, 19 Oktober 2019 ditutup untuk acara Festival Jogja Kota - Panembahan Semarak. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangkaian semarak peringati Hari Ulatan Tahun (HUT) ke 263 Kota Yogyakarta, Kelurahan Panembahan, Sabtu, 19 Oktober 2019, pukul 09:00 – 21:00 WIB, menyelenggarakan “Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak”, di depan Kantor Kelurahan Panembahan dan sepanjang Jalan Langenastran Lor, Yogyakarta.

“Rencana panggung dan tenda untuk acara Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak akan dipasang mulai sore nanti. Dan untuk kepentingan kegiatan ini ruas Jalan Langenastran Lor besok (Sabtu, 19/10) ditutup untuk semua kendaraan, sehingga warga atau masyarakat pengguna jalan atau yang hendak menuju ke Alun-alun Selatan (Alkid) dapat melalui jalan-jalan alternative di sekitarnya,” terang Lurah Panembahan Purnama, SE kepada Bernasnews.com, Jumat (18/10/2019).

Acara Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak, Purnama menjelaskan, bahwa untuk hari Sabtu besok terbagi dalam tiga kegiatan, yaitu Gelar Potensi UMKM Panembahan, Festival Bocah, dan Gelar Potensi Seni Budaya. Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Panembahan meliputi, usaha batik, kain jumputan, sibori dan ecoprint, tas rajut, olahan makanan tradisional, minuman herbal, sembako, dan tanaman organik. Juga ada layanan kesehatan dari Puskesmas Kraton.

“Festival Bocah, pukul 14:00 – 17:30 WIB, diantaranya gelar potensi anak PAUD Tiara Siwi, Sanggar Seni, Taman Kanak-kanak, dan Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kelurahan Panembahan. Sedangkan untuk Gelar Potensi Seni Budaya, pukul 18:00 – 23:00 WIB, pementasan tari klasik dan moderen, paduan suara, gerak dan lagu, serta musik,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 08 Suryoputran Seno Pratomo di tempat terpisah menambahkan, RW 08 ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kelurahan Panembahan tersebut akan menampilkan salah satu usaha yang dimiliki oleh warganya, yaitu SOKA Organik.

“SOKA Organik adalah salah usaha milik salah seorang warga kami, bergerak dalam budi daya tanaman sayur dan buah organik, produksi media tanam organik, pupuk, pestisida organik, serta pelatihan. Lahan pertanian berada di Samigaluh, Kulon Progo. Setiap hari Sabtu dan Minggu membuka gerai sayur organic di Jalan Gamelan, Kelurahan Panembahan, tepatnya di samping nDalem Gamelan,”ujar Seno.

Sebagai puncak acara Festival Jogja Kota – Panembahan Semarak, pada hari Minggu, 20 Oktober 2019, pukul 14:00 – 17:00 WIB digelar Pawai Budaya, dengan menampilkan berbagai bregada parajuri yang dimiliki oleh kampung yang ada di wilayah Panembahan, rampak gedrug, jathilan, wayang kertas, dan peragaan busana dari olahan sampah plastik.

Route Pawai Budaya Kelurahan Panembahan, Jalan Panembahan, Jalan Mangunegaran Kulon, Jalan Sawojajar, Jalan Wijilan (Sentra Gudeg), Jalan P. Mangkurat, Jalan Gamelan, dan berakhir di Jalan Langenastran Lora tau depan Kantor Kelurahan Panembahan, Kraton, Yogyakarta.

“Bagi warga yang biasa parkir mobil di jalan-jalan tersebut pada saat pelaksanaan pawai untuk sementara jangan parkir atau dimasukan dalam garasi. Dan untuk masyarakat umum pengguna jalan diharap dapat menyesuaikan, untuk akses bisa melalui jalan alternatif di sekitarnya,” tegas Purnomo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here