Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsFestival Bregada Patut Didukung Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

Festival Bregada Patut Didukung Sebagai Upaya Pelestarian Budaya

bernasnews.com – Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta dikenal sebagai wilayah yang sarat akan budaya. Beragam cara dilakukan masyarakat dalam rangka pelestarian atau nguri-nguri budaya.

Baru-baru ini, masyarakat mengadakan Festival Bregada Gamping Gegayengan Tahun 2022 yang diselenggarakan di halaman Kantor Kepanewon Gamping, Jumat (27/5/2022) sore. Para prajurit atau Bregada melakukan kirab dengan menyusuri jalan di sekitar wilayah Gamping.

Sebanyak 5 kelompok Bregada memeriahkan festival tersebut. Kelima kelompok Bregada tersebut masing-masing mewakili Kelurahan Nogotirto, Balecatur, Ambarketawang, Trihanggo dan Banyuraden.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kesungguhan panitia dalam menyelenggarakan rangkaian Festival Kirab Bergada. Upaya ini patut mendapatkan dukungan sepenuhnya mengingat DIY sebagai daerah istimewa mengemban misi dalam melestarikan warisan budaya,” kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Menurutnya penyelenggaraan kegiatan kebudayaan seperti festival Bregada ini perlu dilestarikan. Danang mengatakan upaya terdebut sebagai bentuk penegasan bangsa yang kaya dan kuat dengan budaya dan adat istiadat.

“Saya juga berharap agar penyelenggaraan rangkaian kegiatan budaya semacam ini dilaksanakan secara berkesinambungan tidak hanya di wilayah Kepanewon Gamping namun juga di seluruh wilayah Kabupaten Sleman,” katanya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments