Home Ekonomi FEB UAD Gelar Pelatihan: ‘Pemberdayaan Umat Melalui BPR Syariah’

FEB UAD Gelar Pelatihan: ‘Pemberdayaan Umat Melalui BPR Syariah’

205
0
Suasana pelatihan dengan topik “Pemberdayaan Umat Melalui BPR Syariah”, Sabtu, 12 Juli 2021, oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (FEB UAD) Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (FEB UAD) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan dengan topik “Pemberdayaan Umat Melalui BPR Syariah”, Sabtu, 12 Juli 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui zoom link dan live streaming YouTube dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas).

Pelaksana abdimas tersebut terdiri dari Zunan Setiawan selaku Ketua Pengusul Program dan Agus Siswanto, Amelia Agustya Herliani, Iwan Setiawan, Wahyu Indrapermana, Dheva Lakshita, dan Syaeful Anam yang merupakan Anggota Pengusul Program. Sementara Peserta pelatihan adalah Komunitas Syariah BPRS Bangun Derajad Warga (BPRS BDW) Daerah Istimewa Yogyakarta. Sosialisasi dan pelatihan ini atas dukungan UAD dan BPRS BDW, dihadiri oleh perwakilan UAD serta direksi dan karyawan BPRS BDW.

Ketua Pengusul Program Zunan Setiawan menjelaskan, bahwa pemberdayaan umat atau masyarakat adalah upaya untuk membangun masyarakat agar mereka memiliki inisiatif melakukan aktivitas sosial agar mereka bisa membenahi situasi dan kondisi mereka sendiri. “Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk memampukan dan memandirikan masyarakat melalui tiga cara,” ungkap Zunan Setiawan, dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan, untuk memampukan dan memandirikan masyarakat melalui tiga cara, Pertama. Enabling menciptakan situasi yang memungkinkan lahirnya potensi masyarakat untuk berkembang. Kedua,  Empowering yaitu memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat dengan meningkatkan kapasitas mereka. Keitiga, Protecting yaitu membangun sistem perlindungan untuk masyarakat yang sedang dikembangkan.

Pelatihan ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme yang tinggi dari partisipan aktif yang hadir. “Workshop seperti ini agar bisa terus dilaksanakan secara berkesinambungan karena sangat bermanfaat dan berdampak positif  bagi umat,” kata Dana Suswati, Dirut BPRS BDW.

Dalam workshop tersebut disampaikan materi pengembangan pemasaran kreatif, aktualisasi diri, dan manajemen stres. Pemateri pada kegiatan tersebut diantaranya Agus Siswanto (MM FEB UAD), Ratna Candra Sari (FEB UNY) dan  Zunan Setiawan (MM FEB UAD).

Di akhir kegiatan, Ketua Pengusul Pelaksana Program Zunan Setiawan mengucapkan terima kasih kepada komunitas syariah khususnya BPRS BDW, karena telah menerima sebagai tempat dilakukan pengabdian yang disambut sangat antusias dan respon partisipan aktif yang positif. “Kami sangat merasa terhormat atas segala yang telah diberikan, semoga kegiatan ini menjadi kerjasama yang saling menguntungkan dapat menjadi bahan evaluasi selanjutnya,” tutup Zunan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here