Home Technology Fasilitas Wifi Gratis di Gedung Sasana Krida Tama RT 07 Tegal Onggobayan

Fasilitas Wifi Gratis di Gedung Sasana Krida Tama RT 07 Tegal Onggobayan

260
0
Gedung Sasana Krida Tama, gedung pertemuan warga RT 07 Tegal Onggobayan,Dukuh 11 Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. (Foto: istimewa)

BERNASNEWS.COM — Dampak pandemi Covid-19 tidak sangatlah luas tidak hanya kesehatan namun juga berdampak secara ekonomi maupun perilaku hidup dalam masyarakat, salah satunya adalah kebijakan terkait pendidikan pemerintah telah menetapkan agar sekolah melakukan kegiatan pendidikannya secara darling (online).

Hal inilah yang menjadikan keprihatinan dari salah seorang warga Perumahan Onggobayan RT 07, Dukuh 11 Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Warga yang bekerja sebagai dosen disalah satu perguruan tinggi swasta di  Yogyakarta ini melihat orang tua yang mempunyai anak yang masih sekolah baik di TK, SD, SMP, SMA maupun mahasiswa harus menambah anggaran rumah tangganya untuk membeli pulsa paket internet anaknya guna mengerjakan berbagai macam tugas sekolah maupun kampus.

Kelompok Belajar Anak-anak RT 07 Tegal Onggobayan sedang belajar bersama dengan mempergunakan fasilitas wifi gratis di Gedung Pertemuan. (Foto: Istimewa)

Kemudian warga yang tidak bersedia disebut namanya ituberinisiatif untuk memasang jaringan internet di Gedung Sasana Krida Tama, gedung pertemuan warga RT 07 Tegal Onggobayan, sehingga dapat dipakai oleh seluruh warga masyarakat, terutama anak-anak yang membutuhkan untuk mengerjakan kegiatan sekolah maupun kampusnya.

Amon selaku RT 07 Tegal Onggobayan sangat mengapresiasi pemasangan internet tersebut. “Dengan adanya internet gratis ini dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat di sekitar RT 07, terutama yang masih mempunyai anak yang masih belajar di TK sampai dengan Perguruan Tinggi, sehingga mereka tetap bisa belajar dan mengerjakan tugas di gedung pertemuan tanpa harus membebani orang tua membelikan quota pulsa internet,” ujar Amon.

Seorang ibu sedang membimbing anaknya yang sedang menyelesaikan tugas-tugasnya dari sekolah. (Foto: Istimewa)

Antusias anak-anak yang belajar dengan menggunakan fasilitas wifi gratis di gedung RT tersebut juga tidak melupakan protokol kesehatan. Yaitu, sebelum masuk ke gedung harus cuci tangan dahulu, kemudian harus menggunakan masker serta harus jaga jarak.

Sementara menurut Fafa salah satu warga yang menjadi mahasiswi mengatakan, dengan adanya internet gratis ini benar-benar sangat membantu, terutama pelajar dan mahasiswa yang saat ini sedang LFH (Learn From Home). “Terlebih lagi bagi saya yang sedang kuliah memiliki keterbatasan membeli kuota besar, padahal literature dan referensi banyak dari internet dan terkadang dosen menjelaskan materi melalui gmeet/zoom dengan kisaran waktu kurang lebih 1-3 jam, dan sehari  bisa 3 kali. Jadi dengan adanya wifi di gedung sangat membantu kami mengikuti pembelajaran,” ungkap Fafa.

Seorang mahasiswi yang juga warga setepat sedang mengerjakan tugas kampus duduk santai di lantai gedung pertemuan. (Foto: istimewa)

Sukardi warga RT 07 menambahkan, dengan adanya wifi yang dapat dipakai oleh anak-anak di RT 07 ini jelas sangat membantu, karena wifi lebih stabil jaringannya juga lebih cepat aksesnya. “Sebagai orang tua, kita tidak kemrungsung harus menyediakan paketan internet di HP anak guna mengerjakan soal. Terimakasih sudah mau memfasilitasi kami untuk bisa mengerjakan tugas dari sekolah,” pungkas Sukardi. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here