Home Pendidikan Fakultas Ekonomi UII Berubah Nama Menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Fakultas Ekonomi UII Berubah Nama Menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika

348
0
Rektor UII Fathul Wahid (tengah) bersama Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Suwarsono (kiri) dan Dekan FBE UII Jaka Sriyana (kanan) menekan tombol tanda peresmian perubahan nama Fakultas Ekonomi UII menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBI) UII di Kampus FBE UII Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (16/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM —Untuk merespon berbagai perkembangan di bidang ekonomi, Fakultas Ekonomi UII berubah nama menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika terhitung mulai 1 Januari 2020.

Peresmian nama baru tersebut dilakukan dalam acara Soft Launching di halaman Kampus Fakultas Ekonomi (kini Fakultas Bisnis dan Ekonomika) UII di Candongcatur, Depok, Sleman, Kamis (16/1/2020) oleh Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD didampingi Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Drs Suwarsono Muhammad MA dan Dekan FBE UII Jaka Sriyana.

Rektor UII Fathul Wahid (tengah) bersama Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Suwarsono (kiri) dan Dekan FBE UII Jaka Sriyana (kanan) meresmikan perubahan nama Fakultas Ekonomi UII menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBI) UII di Kampus FBE UII Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (16/1/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Dr Eko Atmadji SE M.Ec, Ketua Panitia Penyelenggara, perubahan nama FE UII menjadi FBE UII merupakan wujud dari komitmen civitas akademika untuk terus berkontribusi dalam menyelenggarakan pendidikan, pengembangan ilmu pengetehuan, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah di bidang bisnis dan ekonomi.

Sementara Rektor UI Fathul Wahid mengatakan, perubahan nama mengandung tiga prinsip utama yakni melingkupi atau mewakili, mengayomi dan mengedepan atau futuristik. Dan alasan berubah adalah untuk memberi semangat baru bagi civitas akademika.

Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Suwarsono (kiri), Rektor UII Fathul Wahid (tengah) dan Dekan FBE UII Jaka Sriyana (kanan). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Dikatakan, perubahan itu mengandung makna yakni menghormati masa lalu, mengkritisi masa kini dan menjemput masa depan. “Jadi tidak sekadar berubah, namun harus memiliki dasar dan alasan yang kuat,” kata Fathul Wahid yang baru saja mendapat gelar Guru Besar atau Profesor.

Dekan FBE UII Jaka Sriyana mengatakan, perubahan nama FE menjadi FBE UII merupakan bagian dari perkembangan dan kemajuan FE UII. Ide awal perubahan nama muncul 15 tahun lalu namun baru sekarang terealisasi. “Perubahan nama menjadi bagian untuk memberi semangat baru bagi perkembangan FBE UII,” kata Jaka Sriyana.

Dikatakan, dengan nama baru tersebut maka potensi yang dibangun lebih dekat pada bidang bisnis dan ekonomi. Dan perubahan nama harus dibuktikan dengan prestasi dan diharapkan pada milad pertama tahun depan sudah banyak prestasi yang diraih. “Jika tidak ada prestasi berarti perubahan tanpa makna,” kata Jaka Sriyana. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here