Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataErick Thohir Dorong Aktivitas Budaya di Bandara

Erick Thohir Dorong Aktivitas Budaya di Bandara

bernasnews.com – Demi menghidupkan kembali perekonomian masyarakat, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar pengelola bandara di Indonesia untuk menghidupkan aktivitas seni di bandara melalui festival budaya. Sebetulnya kegiatan seni di bandara lewat BUMN merajut ini bukanlah program baru yang dibuat oleh BUMN.

“Aset-aset BUMN bisa dijadikan sebagai etalase art dan panggung pementasan budaya,” tutur dia saat dialog Budaya di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulonprogo, Rabu (22/6/2022).

Program yang diberinama BUMN merajut ini memang diluncurkan untuk mendukung perekonomian masyarakat lewat seni. Sayangnya, kegiatan program ini sempat terhenti saat pandemi COVID-19 dan saat itu baru berlangsung di Jakarta dan Bali saja.

Melihat kondisi sektor pariwisata yang mulai bangkit seperti sekarang ini, Erick Thohir ingin agar pengelola bandara tak berlama-lama menunggu untuk menghidupkan kembali bandara sebagai pusat seni dengan harapan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat. Apalagi jika melihat kondisi saat ini, Erick menyebut bahwa aktivitas di bandara seperti Bali misalnya telah berangsur menyentuh 70 persen, Jakarta 70 persen dan Yogyakarta 60 persen.

“Roda ekonomi masyarakat sekitar bisa berputar. Karena ketika budaya menggeliat maka dapat menciptakan lapangan kerja,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menambahkan pihaknya akan mengupayakan agar pemanfaatan bandara bisa optimal salah satunya lewat dukungan terhadap kesenian dan UMKM. Di blBandara YIA, pihaknya menyiapkan lahan 3000 meter untuk UMKM. Ia berharap dengan pertumbuhan penumpang pesawat maka akan dimaksimalkan untuk memberi warna baru yaitu bandara yang ramah budaya dan tempat ekspresi para seniman.

“Untuk kegiatan kesenian sebenarnya sudah rutin digelar. Setiap sabtu Minggu, ada 72 Desa Budaya yang rutin mengisi kegiatan kesenian di YIA,” tutur dia. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments