Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanEnglish Camp Sleman Bantu Pengembangan Bahasa

English Camp Sleman Bantu Pengembangan Bahasa

bernascom.com – English Camp merupakan Lembaga Bahasa Inggris yang berdomisili di Sono Malangrejo, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lembaga ini didirikan untuk membantu Pemerintah dalam hal pengembangan bahasa. Pendiri English Camp mengacu pada jargon dari Balai Bahasa Provinsi DIY yang berisi : Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.

Untuk membantu Pemerintah itulah, maka English Camp didirikan dengan fokus penguasaan Speaking (kemampuan wicara dalam Bahasa Inggris) para pesertanya. Maka disusunlah suatu desain kerangka pikiran berdasarkan pengalaman para pendiri yang dahulunya tidak suka Bahasa Inggris dan pada akhirnya seiring berjalannya waktu, para pendiri dikaruniai secercah cahaya peluang untuk mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan.

Setelah melalui percobaan beberapa kali langsung dengan pelatihan pada sejumlah kelas kecil dan menampakkan hasil yang bagus dan menggembirakan, maka para pendiri mengumpulkan keberanian untuk kegiatan English Camp ini diresmikan kepada publik.

Kebetulan Drs. Ery Widaryana, MM., Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman saat itu merupakan seorang pejabat yang peduli terhadap penguasaan bahasa asing.  

Ery Widaryana yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, saat bertugas menjadi guru SMK pernah mendapat tugas untuk belajar di Austria, Eropa selama beberapa bulan. Tentu cukup banyak negara di Eropa yang beliau kunjungi selama masa tugas belajar tersebut. Berbekal dengan pengalaman tersebut Pak Ery menyadari bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting.

Bagai gayung bersambut, saat tim pendiri English Camp Sleman menghadap beliau, Pak Ery bersedia untuk mendukung kegiatan ini. Akhirnya di tahun 2015, English Camp diresmikan oleh Drs. Ery Widaryana, MM  selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan launching English Camp di Kabupaten Sleman ini diikuti murid-murid dari SMP Negeri 1 Ngaglik, SMP Negeri 3 Sleman dan SMP Muhammadiyah 1 Sleman.

Mulai saat itu, English Camp berjalan melayani pelatihan speaking bagi sejumlah sekolah. Diantara sekolah-sekolah tersebut adalah SMP Negeri 2 Sleman, SMP Negeri 1 Sleman, SMP Negeri 1 Depok, SMP Negeri 1 Ngaglik, SMP Negeri 3 Sleman, SMP Negeri 1 Temon dan SMP Negeri 2 Temon.

Tahun 2022, English Camp mulai melayani rasa haus murid untuk dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Minggir. Pelatihan yang dilaksanakan dan dikembangkan oleh English Camp beralur pada terciptanya kemampuan murid untuk merangkai kalimat tanya secara lisan. Kemampuan itu dikembangkan dari hal yang paling sederhana.

Ternyata berawal dari kesederhanaan menciptakan sesuatu yang dahsyat. Apa itu? Murid mampu memiliki keberanian untuk mengungkapkan pikirannya kepada teman-temannya. Setelah itu murid dibawa ke lokasi wisata yang ada wisatawan asing yaitu Candi Borobudur. Di lokasi candi ini, murid diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan dirinya dalam bentuk praktek wicara dengan penutur asli Bahasa Inggris.

Senangnya rasa hati terpancar dari wajah para murid English Camp. Bahagia dapat bicara dengan penutur asli Bahasa Inggris. Akhirnya berawal dari mengikuti Pelatihan English Camp, keberanian untuk berbahasa Inggris terbentuk dan murid menjadi memiliki kepercayaan diri. Mereka telah mengantongi satu kemampuan untuk hidup mereka yaitu kemampuan berbahasa asing, Bahasa Inggris.

Waktu demi waktu berlalu, semakin banyak murid yang dapat berbahasa Inggris lisan. Kegiatan sejenis dilakukan secara berkala dan kegiatan penajaman dengan pembukaan paket II juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan murid peserta. Saat sekolah-sekolah menyelenggarakan kegiatan kemitraan internasional dengan negara tetangga Singapura, Malaysia, Thailand dan negara lainnya, para murid yang telah mengikuti Pelatihan English Camp bergegas mendaftarkan kegiatan yang dinamai School Visit ini. Mereka memiliki kepercayaan diri dapat ke negara mana saja di seluruh dunia dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Setiap tahun, English Camp melakukan kegiatan kunjungan sekolah ke Singapura, Malaysia dan Thailand. Bahkan di tahun 2019, kegiatan School Visit ini dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu di bulan Februari  dan bulan Oktober 2019. Direncanakan kegiatan School Visit ini akan dimulai kembali di bulan Oktober 2023.

Tim English Camp terdiri Ahmad Nurtriatmo, S.Pd., M.Hum., Eni Estuti Sabaryati, S.Ag., M.Pd., dan Muhammad Azwar Anas, M.Or. menghadap Kepala Seksi Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman Drs Suharto, M.Pd. di kantor setempat, Kamis (7/4/2022). Foto : English Camp Sleman

Sekolah madrasah

Untuk pengembangan layanan English Camp, semoga Madrasah di bawah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman akan tut wuri perkembangan Bahasa Inggris lisan di sekolah-sekolah dalam naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Langkah pertama, Tim English Camp beraudiensi dengan Kepala Seksi Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sleman. Drs. Suharto, M.Pd. pada  Kamis, 7 April 2022.

English Camp Sleman, lembaga yang sudah teruji selama tujuh tahun melatih banyak murid dalam hal wicara Bahasa Inggris. Banyak alumni kegiatan English Camp ini yang sudah merasakan manfaat dari mengikuti kegiatan ini.

Ingin dapat  berbahasa Inggris lisan secara aktif? Segera daftarkan diri Anda ke Lembaga English Camp melalui kepala sekolah masing-masing. Kalau tidak sekarang, kapan lagi Anda dapat segera berbahasa Inggris. (Ahmad Nurtriatmo, S.Pd., M.Hum., Founder English Camp Sleman)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments