Home News Empon-empon Corona Naik Daun, Harga Jahe Melambung

Empon-empon Corona Naik Daun, Harga Jahe Melambung

876
0
Bahan baku hasil pertanian seperti jahe, sere dan jeruk yang disebut-sebut bisa mencegah dan mengobati flu bahkan virus Corona dengan cara direbus dan air rebusannya diminum tanpa dicampur gula atau juga bisa dicampur gula, terutama gula aren. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

BERNASNEWS.COM – Sejak isu virus Corona merebak beberapa pekan lalu, banyak yang memposting ramuan tradisional yang disebut empon-empon dianggap mampu mencegah bahkan menyembuhkan virus Corona. Terlepas itu benar atau tidak berdasarkan hasil kajian ilmiah atau secara medis, orang tidak peduli dan langsung berburu empon-empon ke pasar tradisional.

Dan seperti nasib masker, empon-empon pun sempat langka bahkan menghilang dan begitu muncul harganya pun melambung. “Edan tenan (gila benar), harga empon-empon gila-gilaan, melambung tinggi,” kata Ratnawati, warga Purwomartani, Kalasan, Sleman, usai membeli empon-empon di Pasar Sidorejo, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Sabtu (7/3/2020) pagi.

Empon-empong Corona yang dijual di pasar-pasar tradisional. Foto : Istimewa

Selama ini yang disebut empon-empon adalah jahe, tewulawak, kunyit, sere, kulit kayu manis dan jenis bumu maupun bahan baku jamu tradisional lainnya. Ratnawati mengaku membeli jahe yang sebelumnya cuma Rp 30.000 per kilogram kini mencapai Rp 50.000 kilogram per kilogram. Harga jeruk purut pun naik jadi Rp 20.000 per kilogram jenis super dan yang biasa Rp 10.000 per kilogram. “Kalau sere murah cuma Rp 5.000 per ikat,” kata Ratnawati yang membeli jahe, jeruk purut dan sere di Pasar Sidorejo, Purwomartani, Sabtu pagi.

Empon-empon tersebut dicampur jadi satu lalu direbus. Setelah mendidih, air rebusan empon-empon kemudian disaring dimasukkan ke gelas dan diberi gula. “Lebih enak kalau dengan gula merah. Rasanya maknyus,” kata Agung, warga Tegalrejo yang mengaku juga minum air ramuan empon-empon saat merasakan gejala flu.

Baik Agung maupun Ratnawati mengaku, setelah minum air ramuan empon-empong rasanya plong. Gejala flu hilang, sementara yang sudah terlanjur flu kemudian sembuh. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here