Home News Eksekusi Putusan MA, Kejari Sleman Jebloskan Terpidana Cerah Maya ke Penjara

Eksekusi Putusan MA, Kejari Sleman Jebloskan Terpidana Cerah Maya ke Penjara

271
0
Mobil tahanan Kejari Sleman yang mengantar Terpidana Cerah Maya Sulistyantari ke Lapas Wonosari, Gunungkidul, Senin 7 Juni 2021. Foto : kiriman Widi Handoko

BERNASNEWs.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman melaksanakan atau mengeksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 393K/Pid/2021, tertanggal 28 April 2021 pada hari Senin, 7 Juni 2021. Dalam putusan itu, Majelis Hakim MA yang menangani perkara tersebut menyatakan bahwa Terdakwa Celah Maya Sulistyantari (41), warga Dukuh Ngentak RT 03 Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul atau Sembego RT 14/RW 38 Maguwoharjo, Depok, Sleman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan.

Karena itu, Majelis Hakim MA menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Cerah Maya Sulistyantari dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan. Majelis Hakim MA juga menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim MA yang diketuai Sofyan Sitompul dengan anggota Dr Gazalba Saleh SH MH dan Dr Desnayeti M SH MA mengabulkan permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi/Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Sleman dan membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Slemn Nomor 21/Pid.B/2020/PN Slm,tanggal 5 November 2020.

Terpidana Cerah Maya Sulistyantari saat keluar/turun dari mobil tahanan Kejari Sleman di Lapas Wonosari, Gunungkidul, Senin 7 Juni 2021. Foto : Widi Handoko

Untuk melaksanakan putusan tersebut, pada 2 Juni 2021 Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Sleman Andika Romadona SH memanggil Terdakwa Cerah Maya Suliistyantari untuk menghadap Jakas Penuntut Umum Kejari Sleman Hanifah pada hari Senin, 7 Juni 2021, untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung tersebut.

Terpidana Cerah Maya Sulistyantari pun memenuhi panggilan tersebut pada hari Senin, 7 Juni 2021, dan selanjutnya dibawa dengan Mobil Tahanan Kejari Sleman ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wonosari, Gunungkidul untuk menjalani hukuman penjara selama 1,6 tahun dipotong 1/3 masa tahanan kota.

“Ya namanya putusan pengadilan, dalam hal ini putusan Mahkamah Agung, harus dipatuhi dan dijalankan. Tidak ada pilihan lain selain mengikuti apa yang sudah menjadi putusan hakim,” kata Gunawan, kuasa hukum Terpidana Cerah Maya Sulistyantari ketika ditemui Bernasnews.com di Kejari Sleman, Senin 7 Juni 2021.

Sementara Kasipidum Kejari Sleman Andika Romadona ketika dikonfirmasi Bernasnews.com terkait kepastian pelaksanaan putusan atau eksekusi putusan MA terhadap Cerah Maya Sulistyantari membenarkan hal itu.

Terpidana Cerah Maya Sulistyantari saat masuk ke ruang Portir Lapas Wonosari, Gunungkidul, Senin 7 Juni 2021. Foto : Widi Handoko

“Sesuai surat panggilan yang sudah kami kirimkan ke terpidana, direncanakan hari ini eksekusinya. Teknis pelaksanaan kami serahkan kepada Jaksa Eksekutro,” kata Kasipudum Kejari Sleman Andika Romadona melalui layanan pesan whatsapp kepada Bernasnews.com.

Terpidana Cerah Maya Sulistyantari yang mengenakan baju lengan panjang warna putih dengan celana panjang warna coklat dipadu dengan kerudung berwarna senada setelah menyelesaikan urusan administrasi di Kejari Sleman kemudian dibawake Mobil Tahanan Kejaksaan Negeri Sleman berwarna hijau dibawa ke Lapas Wonosari, Gunungkidul untuk menjalani hukuman penjara selama 1,6 tahun dipotong masa tahanan kota sesuai putusan MA.

“Kami akan terus mengawal dan memantau apakah terpidana benar-benar menjalankan hukuman di Lapas atau tidak. Mungkin setiap minggu kami akan mengecek untuk memastikan bahwa terpidana benar-benar menjalankan hukuman atau berada di Lapas,” kata Wisnu, kuasa hukum Sri Sulastri yang menjadi korban penipuan Cerah Maya Sulistyantari kepada Bernasnews.com, Senin 7 Juni 2021.

Wisnu bersama tim ikut “mengantar” Terpidana Cerah Maya Sulistyantari sejak dari Kantor Kejari Sleman hingga ke Lapas Wonosari, Gunungkidul. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here