Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsDua Kelompok Tani Kalurahan Budya Argodadi Gelar Budaya Wiwitan Secara Mandiri

Dua Kelompok Tani Kalurahan Budya Argodadi Gelar Budaya Wiwitan Secara Mandiri

bernasnews.com — Kalurahan Budaya adalah penyebutan desa sesuai nomenklatur keistimewaan DIY yang mengaktualisasikan, mengembangkan, dan mengonservasi kekayaan potensi budaya yang dimilikinya yang tampak pada adat dan tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa, sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, penataan ruang, dan warisan budaya.

Hal itu disampaikan oleh RM Donny S Megananda, S Si. MBA selaku Anggota Tim Monitoring Kalurahan Budaya Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY untuk Kabupaten Bantul, dalam rilis yang disampaikan ke bernasnews, Minggu (13/3/2022).

“Kalurahan Argodadi, di Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul merupakan Kalurahan Budaya yang relative masih  baru berdasar SK Gub no. 351/KEP/2021, dan baru saja ditetapkan tahun lalu,” ungkap Donny.

Persiapan giat tradisi atau budaya Wiwitan sebagai rangkaian mengawali pelaksanaan panen raya, di Kalurahan Budaya Argodadi, Kabupaten Bantul, DIY. (Foto: Kiriman RM. Donny S Megananda)

Dikatakan, Kalurahan Argodadi termasuk diantara 20 Kalurahan/ Kelurahan Budaya yang baru. “Sehingga saat ini ada 76 Kalurahan/ Kelurahan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelas Donny, yang juga sebagai pengelola Musium Wayang Kekayon, di Kabupaten Bantul.

Berkenaan dengan telah ditetapkan sebagai Kalurahan Budaya, dua kelompok tani di Kalurahan Budaya Argodadi yaitu, Kelompok Tani Kismohadi, Padukuhan Sungapan, serta Kelompok Tani Pandanrejo, Padukuhan Kadibekso menggelar Upacara Adat Wiwitan secara swadaya mandiri, Minggu (13/3/2022), Jam 13:00 WIB dan Jam 15:30 WIB.

Giat budaya tersebut dihadiri oleh PPL Pertanian Kapanewon Sedayu Lutfina, SP, Lurah Argodadi Prayitno. Juga Semidi Marta selaku sesepuh budaya dan senior pembina kesenian tradisi yang sering pentas di manca negara.

Rangkaian tumpengan “kepungan kembul bujana’ giat Wiwitan, Kalurahan Budaya Argodadi, Kabupaten Bantul, Minggu (13/3/2022). Foto: Kiriman RM. Donny S Megananda.

Acara dilaksanakan dengan rangkaian sederhana namun khidmat. Warga anggota kelompok tani berkumpul untuk ‘kepungan kembul bujana’ dengan tumpengan, di tengah jalan tengah sawah (Bulak).

“Isi tumpengan terdiri dari sega wiwit, ayam ingkung, nasi gurih, ayam kampung, telur sayur nangka, krupuk, tahu tempe, teri, peyek dan jajanan pasar. Untuk penyajiannya dibungkus dengan daun pisang atau daun jati,” kata Donny.

Sebagai Kalurahan Budaya, tahun 2022 ini Kalurahan Argodadi mendapatkan pendamping budaya Sukirno dan Retna Sintawati. Dalam kesempatan itu hadir pula pendampingan silang Dinda Assalia.

“Hal ini sebagai perwujudan dukungan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dengan program fasilitasi untuk pembinaan dan pengembangan kalurahan budaya, sebagai implementasi keistimewaan DIY di bidang kebudayaan,” pungkas  RM Donny S Megananda. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments