Home News DPW MUKI DIY Melakukan Kunjungan Kerja ke DPD MUKI Kulon Progo

DPW MUKI DIY Melakukan Kunjungan Kerja ke DPD MUKI Kulon Progo

513
0
Ketua DPW MUKI DIY Albert Yusuf Langke MTh secara simbolis menyerahkan SK Perubahan kepada Ketua DPD MUKI Kulon Progo Monang Simbolon SE disaksikan oleh segenap Pengurus, Penasehat dan Pengawas dlam kunjungan kerja ke Kulon Progo, Selasa (16/6/2020). Foto : Yupiter Ome

BERNASNEWS.COM – Dewan Pimpinan Wilayah Majelis Umat Kristen Indonesia (DPD MUKI) DIY melakukan kunjunga kerja ke Kantor Sekretariat DPD MUKI Kulon Progo, Selasa (16/6/2020). Kunjungan kerja ini merupakan salah satu agenda DPW MUKI DIY yang sudah direncanakan pasca pelantikan Pengurus DPW-DPD MUKI se-DIY, 31 Januari 2020, namun tertunda akibat Pandemi Covid-19.

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan sekaligus mengetahui hambatan-hambatan, kemudian mencari solusi bersama untuk pengembangan organisasi MUKI di tingkat DPD kabupaten/kota. Selain itu, kunjungan kerja kunjungan kerja kali ini untuk menyerahkan SK Perubahan (SKP) Personalia DPD, SKP Dewan Penasehat, SKP Dewan Pengawas MUKI Kabupaten Kulon Progo.

Ketua DPW MUKI DIY Albert Yusuf Langke MTh secara simbolis menyerahkan SK Perubahan kepada Ketua DPD MUKI Kulon Progo Monang Simbolon SE disaksikan oleh segenap Pengurus, Penasehat dan Pengawas, yang dilanjutkan dengan agenda rapat teknis guna membahas beberapa hal. Pertama, finalisasi berkas registrasi ke Badan Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo, kedua, strategi percepatan pengembangan organisasi di tingkat basis., ketiga akses pembiayaan pengembangan ormas dengan fasilitasi pembiayaan dari Pemda Kabupaten dan keempat mengakomodir masukan-masukan dari DPD, di antaranya perubahan nomenklatur pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan, Kabupaten Kulon Progo dan DIY.

Ketua DPW MUKI DIY Albert Yusuf Langke MTh bersama Ketua DPD MUKI Kulon Progo Monang Simbolon SE foto bersama segenap Pengurus, Penasehat dan Pengawas DPW dan DPD MUKI dalam kunjungan kerja ke Kulon Progo, Selasa (16/6/2020). Foto : Yupiter Ome

Sekretaris DPW MUKI DIY Yupiter Ome dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Selasa (16/6/2020) mengatakan bahwa recruitment, pergantian, penambahan maupun pergeseran posisi personalia dalam organisasi adalah salah satu langkah penting untuk penyegaran organisasi.

Dengan pergantian, penambahan maupun pergeseran posisi personalia DPD MUKI Kulon Progo, diharapkan pengurus yang baru segera menyesuaikan diri dengan dinamika organisasi dan cepat mengambil inisiatif serta langkah-langkah strategis, terutama registrasi Ormas MUKI ke Badan Kesbangpol, sebagai syarat mutlak registrasi legalitas Ormas di suatu wilayah.

Setelah itu perlu membangun kerjasama kemitraan dan sinergi dengan Pemda Kabupaten, DPRD, Kejaksaan Negeri, Polres, Kodim dan lembaga-lembaga gerejawi serta Ormas lain yang eksis dan diakui oleh pemerintah, sehingga keberadaan MUKI di Kabupaten Kulon Progo dapat berkontribusi maksimal untuk wilayah, masyarakat dan umat Kristen secara keseluruhan.

Hal perubahan nomenklatur, menurut Sekretaris DPW MUKI DIY, sesuai dengan amanat UU Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemerintah DIY diberi kewenangan untuk menggunakan kearifan lokal dalam tata kelola pemerintahan di DIY, yang salah satunya adalah perubahan nama pemerintahan di tingkat kecamatan di ebut “Kapanewon” dan Pemerintahan Desa disebut “Kalurahan”,. Hal ni berlaku untuk kecamatan dan kelurahan di seluruh kabupaten/ kota i DIY, yang diterapkan secara bertahap.

“Dan Kabupaten Kulon Progo sebagai percontohan penerapan nomenklatur pemerintahan DIY yang baru yang menyesuaikan Struktur Pemerintahan Kesultanan Ngayogyakarto Hadiningrat dan Kabupaten Pakualaman, berlaku (27/1/2020),” ungkap Yupiter Ome.

Kunjungan kerja DPW MUKI DIY dengan menerapkan protokol kesehatan itu diikuti oleh Ketua DPW MUKI DIY Albert Yusuf Langke MTh, Sekretaris DPW MUKI DIY Yupiter Ome, Ketua Biro Organisasi dan Pengkaderan DPW MUKI DIY Harun Sumadi MTh. Hadir dalam pertemuan tersebut Pengurus DPD MUKI Kulon Progo yakni Ketua DPD Monang Simbolon SE, Sekretaris DPD Zuniasa Nazara MTh, Bendahara DPDTri Ningsih dan segenap pengurus, penasehat dan pengawas.

Acara dilanjutkan dengan sharing dan ramah tamah, diakhiri dengan doa bagi bangsa, para pemimpin dan keselamatan seluruh masyarakat Indonesia. MUKI Damai, MUKI Jaya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here