Home News DPRD Jateng Mengapresiasi Karang Taruna Parikesit Wedomartani Peduli Sungai

DPRD Jateng Mengapresiasi Karang Taruna Parikesit Wedomartani Peduli Sungai

395
0
Penyerahan cedera mata dari DPRD Jateng kepada Karang Taruna "Parikesit" Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Jumat (15/1/2021). (Foto: AG Irawan) 

BERNASNEWS.COM – Kesadaran masyarakat, khususnya karang taruna desa, yang melakukan gerakan pelestarian lingkungan dan menjaga keberadaan sungai mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah.

Hal itu terungkap dalam kunjungan lapangan rombongan DPRD Jateng di lokasi rintisan Desa Wisata Kali Kuning (Dewi Kalkun), Sempu, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (15/1/2021) siang.
Kunjungan lapangan yang terkesan santai dan jauh dari seremonial tersebut, memilih lokasi Kali Kuning Sempu, Wedomartani, yang sedang merintis desa wisata berbasis pelestarian sungai.

Rombongan terdiri dari anggota Komisi D DPRD Jateng, pimpinan dan staf Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng. Turut hadir staf kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK).

Rombongan yang terdiri dari anggota DPRD Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng, dan Pusat Pembangunan Pengendalian Ekoregion Jawa (P3EJ) melakukan kunjungan lapangan ke rintisan Desa Wisata Kali Kuning (Dewi Kalkun) Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, dan diterima langsung oleh pengurus karang taruna desa setempat, Jumat (15/1/2021) siang. (Foto: AG Irawan)

Di lokasi rintisan Dewi Kalkun Sempu, rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng yang membidangi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Manusia itu berkesempatan bertemu  dan berbincang dengan pengurus Karang Taruna “Parikesit” Wedomartani. Sejumlah anggota rombongan menyempatkan diri turun ke sungai sekaligus melihat aliran sungai yang jernih dengan ekosistem pendukung Kali Kuning Sempu yang masih asri.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng H.Hadi Santoso M.Si mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan masyarakat, khususnya anak-anak muda,yang peduli dengan kelestarian lingkungan. “Kami mendorong pola kesadaran masyarakat untuk terus peduli lingkungan. Segeralah didukung dengan regulasi seperti Perdes untuk melindungi lingkungan sungai. Juga diberikan sanksi moral bagi yang melanggar,” katanya.

(Baca juga : Karang Taruna “Parikesit” Wedomartani Merintis Desa Wisata Berbasis Sungai)

Hal senada disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng Widi Hartanto ST MT yang turut hadir bersama rombongan. Widi menegaskan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan khususnya sungai harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. “Mari kita jaga ekosistem sungai yang berfungsi menjaga keseimbangan alam ini. Pertahankan vegetasi, biota juga batu-batu alam yang ada di sungai ini,” ungkapnya.

Sejumlah peserta kunjungan lapangan terlihat saling berbincang santai perihal pelestarian lingkungan di bantaran sungai Kuning, lokasi rintisan Desa Wisata Kali Kuning, Sempu, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Jumat (15/1/2021) siang. (Foto: AG Irawan)

Kabid Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) KemenLHK Sugeng Wachyono ST mendukung keterlibatan aktif generasi muda dalam menjaga lingkungan setempat. “Ini sebuah kegiatan karang taruna desa yang bagus. Bisa melihat potensi alam khususnya sungai dan muncul kesadaran untuk melestarikannya,” kata dia.

Sementara Ketua Pengelola Dewi Kalkun Sempu Dwi Yudha Prasetyo mengungkapkan, rintisan desa wisata berbasis sungai dengan program konservasi alam ini memang membutuhkan masukan ide dan gagasan dari banyak pihak. Juga, yang utama keterlibatan aktif warga sekitar menjadi penentu keberhasilan dalam menjaga kelestarian alam.

Pihaknya dan seluruh pengurus karang taruna desa Wedomartani, merasa senang mendapat kunjungan dari instansi pemerintah, bahkan dari luar kota. “Ini menunjukkan bahwa yang kami lakukan mendapat apresiasi dan dukungan untuk saling menguatkan dalam menjaga lingkungan,” katanya. (AG Irawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here