Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsDPRD DIY Sahkan Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

DPRD DIY Sahkan Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

BERNASNEWS.COM – DPRD DIY mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto berharap Perda ini bisa menginspirasi semua pihak dalam menjalankan ideologi negara ke dalam praktek kebijakan publik juga kehidupan keseharian.

“Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan telah disahkan hari ini. Langkah menggelorakan Pancasila, ke depan semoga bisa berlaku umum dan jadi inspirasi di tingkat nasional. Pemerintah pusat diharapkan bisa menangkap suasana batin ini dan menyusun regulasi agar bisa berlaku umum tingkat nasional,” kata Eko Suwanto di DPRD DIY pada Senin (14/2/2022).

Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan mendapatkan dukungan banyak pihak. Bukan tanpa alasan, Perda ini menjadi Perda usulan DPRD DIY dengan tujuan menanamkan nilai Pancasila kepada seluruh aparatur sipil negara dan rakyat di DIY.

“Tujuan Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini adalah untuk mewujudkan semangat nasionalisme, nilai Pancasila dan cinta Tanah Air di kalangan ASN dan rakyat DIY, mewujudkan pengaturan keistimewaan DIY yang berbasis kearifan lokal dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, mewujudkan kerukunan dan ketentraman masyarakat,” ujarnya.

Nantinya pelaksanaan program Sinau Pancasila ini akan melibatkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahragaraga, Badan Diklat, Kesbangpol Dinas Kebudayaan, guna menyusun program kegiatan dan dukungan dana yang memadai. Bahkan kegiatan ini diharapkan bisa dimaksimalkan di sekolah-sekolah.

“Selain empat dinas di atas, bisa juga Kominfo adakan festival digital, karena Perda ini juga mengatur pemanfaatan TIK untuk Pendidikan Pancasila. Sebab selain bisa diselenggarakan di sekolah, ekstrakurikuler maupun kokurikuler. Jadi kegiatan di sekolah yang ada di DIY,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap Pemda DIY bisa menyusun peraturan gubernur agar bisa segera disusun RKPD. Sehingga, tahun depan bisa menganggarkan sesuai konstitusi yang ada. (feva)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments