Home Pendidikan DPK Kota Yogyakarta Siap Dukung Yogyakarta Menulis

DPK Kota Yogyakarta Siap Dukung Yogyakarta Menulis

150
0
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani, SIP, Kabid 1 Perpustakaan Nunun Zulaikha SIP, MM., Kabid 2 Perpustakaan Tedi Saparian SE, Pustakawan Triyanta, SPd MIP, Narasumber YB Margantoro foto bersama peserta seusai zoom meeting Workshop Kepenulisan Menyambut Hari Kunjung Perpustakaan 2021 di Kantor DPK Kota Yogyakarta, Rabu (1/9). Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta melalui para pejabat struktural, pejabat fungsional dan tenaga teknis, siap mendukung Yogyakarta Menulis. Gerakan bidang literasi ini, yang menjadi bagian dari Gerakan Indonesia Membaca dan Gerakan Indonesia Menulis, merupakan upaya bersama untuk mendukung Indonesia cerdas, maju dan sejahtera.

“Para pustakawan dan arsiparis kami selama ini sudah banyak membantu pemustaka dalam mengakses bahan pustaka dan membantu keberhasilan dalam karya tulis dan bercerita. Mereka menjadi penggerak literasi warga masyarakat. Namun kami sendiri justru belum sempat berkarya tulis. Ini yang membuat kami merasa resah. Keresahan ini harus diakhiri dengan mulai berkarya tulis bersama di momentum Hari Kunjung Perpustakaan 14 September mendatang. Semoga kami dapat memberikan kado buku antologi karya pustakawan dan arsiparis,” kata Kepala DPK Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani SIP saat membuka zoom meeting Workshop Kepenulisan di Kantor DPK Kota Yogyakarta, Jalan Suroto Nomor 09 Kotabaru, Yogyakarta, Rabu (1/9/2021).

(Baca juga: DPK Kota Yogyakarta Berkreasi di Tengah Pandemi)

Tampil sebagai narasumber workshop kepenulisan bertema Berkreasi, Berkinerja di Tengah Pandemi ini Praktisi Media dan Literasi YB Margantoro, dengan moderator Pustakawan Triyanta SPd MIP. Kegiatan ini diikuti Kabid 1 Perpustakaan Nunun Zulaikha SIP MM, Kabid 2 Perpustakaan Tedi Saparian SE, pustakawan, arsiparis dan tenaga teknis DPK Kota Yogyakarta.

Memiliki komitmen

Narasumber YB Margantoro mengemukakan, keberadaan dan dukungan institusi perpustakaan dan kearsipan dalam layanan kebutuhan intelektual masyarakat sangat tergantung terutama pustakawan dan arsiparis, selain tentu saja pejabat struktural dan tenaga teknis. Maka para pustakawan dan arsiparis harus memiliki komitmen dan kegembiraan untuk meningkatkan kualitas diri dan pelayanan.

Kepala DPK Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P. memberikan sambutan pembukaan zoom meeting Workshop Kepenulisan di Kantor DPK Kota Yogyakarta, Rabu (1/9/2021). Foto : Kiriman YB Margantoro

“Memiliki kompentensi literasi adalah bagian tidak terpisahkan dari dunia perpustakaan dan kearsipan. Para pustakawan dan arsiparis, sesuai tugas pokok fungsi mereka dan didukung sarana terutama buku-buku berkualitas, harus bersyukur dan memanfaatkan kekayaan intelektual itu untuk karya literasi. Selain hari-hari penting perpustakaan, pustakawan, arsiparis, masing banyak hari-hari penting nasional dan internasional yang dapat dimanfaatkan sebagai news peg (cantelan peristiwa) untuk pijakan awal menulis. Atau mulai saja berkisah tentang asyiknya jadi pustakawan dan arsiparis, menulis surat pembaca, menulis resensi buku, menulis esai, menulis fiksi, dan sebagainya,” kata dia.

(Baca juga: Majalah “Literasi Guru” Terus Kembangkan Dinamika Literasi)

Margantoro mengajak pustakawan dan arsiparis DPK Kota Yogyakarta untuk menciptakan program Sapus Sabu atau Satu Pustakawan Satu Buku dan Satap Sabu atau Satu Arsiparis Satu Buku. Artinya, setiap pustakawan dan setiap arsiparis pada suatu ketika nanti dapat menulis buku solo atau buku sendiri. Sebelum kemampuan itu mewujud, dimulai menulis bersama atau antologi dulu.

“Pustakawan dan arsiparis kiranya merupakan profesi panggilan hidup. Sebagai profesi panggilan hidup pasti akan semangat dalam kehidupan, profesional dan pelayanan. Di proses ini, bahan tulisan banyak sekali yang dapat ditulis. Tinggal memulai untuk biasa menulis, setelah biasa membaca,” kata narasumber.

 Kepala DPK Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani, S.I.P. sangat berharap agar momentum Hari Kunjung Perpustakaan 14 September dapat menghasilkan karya monumental buku para pustakawan dan arsiparis setempat.  (lip)  



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here