Home Pendidikan DPK Kota Yogyakarta Berkreasi di Tengah Pandemi

DPK Kota Yogyakarta Berkreasi di Tengah Pandemi

171
0
Salah satu kegiatan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta di masa pandemi yakni diskusi buku, pertengahan Agustus 2021. Foto : DPK Kota Yogyakarta

BERNASNEWS.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta harus bergerak cepat dalam upaya meningkatkan perannya di tengah pandemi Covid 19. Dalam menyikapi kebutuhan pemustaka terhadap kebutuhan literasi informasi dan koleksi pustaka, DPK Kota Yogyakarta hadir melalui layanan ala drive thrue di Perpustakaan Kota Jalan Suroto Nomor 9 Kotabaru Yogyakarta.

“Layanan inovatif ini disebut dengan SAPARATU atau Sarana Pengembalian dan Peminjaman Buku Tanpa Turun dari Kendaraan. Saparatu  dilaksanakan dengan adanya satu loket khusus sirkulasi buku yang dapat melayani pemustaka dengan cepat dan mudah tanpa harus turun dari kendaraan,” kata Kepala DPK Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani SIP saat dihubungi melalui whatsapp, Jumat (27/8/2021).

Menurut dia, pada bulan Agustus 2021 DPK Kota Yogyakarta juga meluncurkan inovasi baru yaitu PANDORA (Pendaftaran Anggota Online Perpustakaan Kota Yogyakarta) dan STARLA (Story Telling Anak Perpustakaan Kota Yogyakarta). Inovasi PANDORA digunakan untuk memudahkan masyarakat membuat kartu anggota perpustakaan. Sedangkan STARLA diselenggarakan dalam rangka meningkatkan literasi anak usia dini melalui pembacaan  cerita di kanal media sosial Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Wujud nyata dari kreasi dan inovasi DPK Kota Yogyakarta telah membuahkan hasil dengan adanya beberapa penghargaan yang diperoleh selama tahun 2021 antara lain Juara 2 Lomba perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Proponsi Tahun 2021 yang diraih oleh Kelurahan Gunung Ketur.

Kemudian, Juara 1 Lomba bertutur Siswa SD/MI Tingkat DIY tahun 2021 yang diperoleh oleh Binas Mutia Yahya, sekaligus yang bersangkutan berhak mengikuti kegiatan serupa di tingkat nasional, Juara 3 Lomba bertutur Siswa SD/MI Tingkat DIY Thaun 2021 atas nama Afgandaru Kawuryan dan peringkat 2 Pengawas Kearsipan Eksternal Tingkat Nasional Tahun 2021dengan nilai sangat memuaskan.

Veronica Ambar Ismuwardani mengetakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta senantiasa terus berkomitmen untuk selalu hadir menggawangi peningkatan literasi dan kepedulian arsip di Kota Yogyakarta yang dikemas secara kreatif dan inovatif.

Dalam memimpin DPK Kota Yogyakarta urusan perpustakaan dan kearsipan, dia dibantu Sekretaris Dinas dan jajaran Sekretariat, dua orang Kepala Bidang Perpustakaan, dua orang Kepala Bidang Kearsipan, pejabat fungsional perpustakaan dan kearsipan yang terdiri dari 16 orang Pustakawan dan 14 orang Arsiparis. 

Praktisi media dan pegiat literasi YB Margantoro mengapresiasi komitmen, kinerja dan kreasi DPK Kota Yogyakarta selama ini. Bukan hanya dalam pelayanan terhadap pemustaka, menggairahkan dinamika pembangunan khususnya di bidang perpustakaan dan kearsipan di Kota Yogyakarta, namun juga turut serta melestarikan peradaban melalui koleksi pustaka dan arsip. (*/lip)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here