Home Seni Budaya DPD HARPI Melati DIY Gelar Workshop dan Tutorial 7 TRP Gaya Yogyakarta

DPD HARPI Melati DIY Gelar Workshop dan Tutorial 7 TRP Gaya Yogyakarta

161
0
Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan DPD HARPI Melati DIY, tanggal 21-25 September 2020,menyelenggarakan tutorial dan workshop 7 Tata Rias Pengantin (TRP) Gaya Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Selama lima hari dari tanggal 21-25 September 2020 DPD HARPI Melati DIY mendapat kepercayaan dari Dinas Kebudayaan DIY (Kundha Kabudayan), menyelenggarakan tutorial dan workshop 7 Tata Rias Pengantin (TRP) Gaya Yogyakarta. Demikian disampaikan Ny. Listiani Sintawati Adang selaku Ketua DPD HARPI “Melati” DIY melalui rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Sabtu (26/9/2020).

Wakil dari Dinas Kebudayaan DIY dan Pengurus DPD HARPI Melati DIY saat memandu kegiatan Workshop dan Tutorial 7 Tata Rias Pengantin (TRP) Gaya Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Tara, Jalan Magelang, Yogyakarta, dengan mengacu protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, dihadiri oleh 20 orang setiap hari bergantian perwakilan dari 4 kabupaten, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian DPD HARPI Melati DIY dan Dinas Kebudayaan DIY untuk menjaga kelestarian budaya, mengembalikan nilai-nilai adat tradisi agar bertahan, kekal dan berkesinambungan. Harapannya dimasa mendatang bisa diwariskan kepada generasi berikutnya,” ungkap Ny. Listiani Sintawati Adang.

Salah satu nara sumber sedang menjelaskan tentang otif-motif batik yang lazin digunakan dalam TRP Gaya Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Dikatakan, tutorial 7 Tata Rias Pengantin (TRP) Gaya Yogyakarta meliputi, TRP Yogya Paes Ageng, TRP Yogya Paes Ageng Kanigaran, TRP Yogya Paes Ageng Jangan Menir, TRP Yogya Putri, TRP Kasatriyan Ageng, TRP Kasatriyan Ageng Selikuran dan TRP Yogya Berkerudung Tanpa Paes. Juga srana sajen dan uborampe pengantin gaya Yogyakarta.

“Tutorial yang dibuat merupakan program bantuan dan bimbingan belajar, dalam bentuk kepingan CD yang berisi Tutorial 7 TRP Gaya Yogyakarta yang dikemudian hari akan dibukukan sebagai upaya penyempurnaan dari referensi sebelumnya,” ujar pemilik Wedding Organizer (WO) dan Salon, di Jalan Tamansiswa  itu.

Salah satu rombongan peserta Workshop dan Tutorial 7 TRP Gaya Yogyakarta foto bersama dengan Pengurus DPD HARPI Melati DIY dan wakil dari Dinas Kebudayaan DIY. (Foto: Istimewa)

Tutorial tersebut sudah didokumentasikan oleh tim bidang pendidikan DPD HARPI Melati DIY pada tanggal 9 – 10 September 2020, lanjut Ny. Listiani, sedangkan yang bertindak sebagai nara sumber pada acara workshop tersebut adalah, Hj. Listiani Sintawati; Hj. Irityas Sugaib; Bernadetta Sri Hanjati, MSn; Hj. Susi Wahyu; Etty Sulistyawati; Okie Surya Ikawati, SSn; Rahmat Santosa, SSn; Sumaryono; dr. Wigung Wratsangka dan Hj. Tatik Sutadi.

Sementara tujuan Dinas Kebudayaan DIY membuat acara ini, adalah menjadikan para perias pengantin yang kompeten di bidangnya dan dapat bertindak sebagai pionir duta budaya. Khususnya tata rias pengantin gaya Yogyakarta yang bersumber dari Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Selain itu diharapkan pula sebagi duta informasi kepada masyarakat, mengenai aturan baku tata upacara adat beserta srana sajen dan uborampe pengantin gaya Yogyakarta yang hampir punah agar terjaga kelestariannya,” pungkas Ny. Listiani Sintawati Adang. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here