Home Pendidikan Dosen UII Masuk Top 2 % World Ranking Scientists

Dosen UII Masuk Top 2 % World Ranking Scientists

315
0
Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Is Fatimah S.Si MSi. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Is Fatimah S.Si MSi menjadi satu dari enam orang Indonesia yang berhasil masuk dalam Top 2% World Ranking Scientists. Top 2% World Ranking Scientists merupakan pemeringkatan berbasis publikasi bereputasi yang diolah oleh peneliti dari Stanford University: Prof John Ioannidis, Jeroen Baas dan Kevin Boyack.

“Sebenarnya saya sendiri malah tidak tahu kalau ada pemeringkatan tersebut. Terus terang dalam seminggu terakhir saya banyak mendapat share dari kolega-kolega peneliti dari Malaysia dan India mengenai hal tersebut. Beberapa universitas merilis nama-nama dosen dan peneliti yang masuk ke list tersebut. Sampai hari Sabtu sore kolega dari India mengucapkan selamat. Saya malah baru tahu itu apa dan bagaimana dan link-nya di mana,” ungkap Guru Besar Bidang Ilmu Kimia UII tersebut, Senin (23/11/2020).

Prof Dr Is Fatimah S.Si MSi memiliki segudang penelitian yang telah dilakukan. Hal menjadikannya masuk dalam Top 2% World Ranking Scientists. Sepak terjang Prof Is Fatiman dalam dunia penelitian memang sudah tidak bisa diragukan lagi sehingga ia meraih banyak penghargaan.

Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Is Fatimah S.Si MSi. Foto : Istimewa

Penghargaan lain yang sudah pernah diraih, seperti The World Academy of Science Research Grant 2015-2016, Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) Research Grant 2016 dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya penelitian yang dilakukan maka tak heran ketika Prof Is Fatimah dapat bergabung dalam deretan Top 2% World Ranking Scientists. Sosok yang pernah menjadi dosen Terproduktif UII Peringkat I dan Penulis Karya Berindeks Scopus terbanyak tersebut, memiliki setidaknya 1.325 sitasi dan 15 indeks-h yang telah diperoleh.

Selain itu, Prof Is Fatimah juga giat menulis buku, yang hingga saat ini telah menerbitkan 9 judul buku dengan 4 hak paten. Pengalaman riset Prof Is Fatimah juga tidak sedikit, yakni lebih dari 20 judul riset dan lebih dari 80 publikasi ilmiah. Ia memberi fokus penelitian dalam bidangmaterial, nanoteknologi, energi, mesin dan transportasi.

Sebagai Guru Besar wanita di lingkungan UII, keberadaan Prof Is Fatimah membuat siapa saja ingin mengikuti jejak prestasinya yang luar biasa. Motivasi dalam mengembangkan diri telah menjadi aktivitas sehari-hari bagi Prof Is Fatimah.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MScPhd ikut bangga atas capaian yang diraih Prof Is Fatimah. “Keluarga besar UII bersyukur atas pencapaian Prof Is Fatimah. Ini adalah efek, bukan tujuan, dari ketekunan mengerjakan pekerjaan rumah sebagai dosen, terutama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Saya berharap, capaian ini menjadi sumber energi positif yang menyebar dan menginspirasi yang lain,” tutur Prof Fathul Wahid dalam rilis yang diterima Bernasnews.com, Selasa (24/11/2020). (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here