Home News Dosen FE UWM Berikan Bimbingan Teknis Analisisi Jabatan kepada Forum BKK Bantul

Dosen FE UWM Berikan Bimbingan Teknis Analisisi Jabatan kepada Forum BKK Bantul

382
0
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (UWM) Nany Noor Kurniyati, SE. MM, M.Sc dalam kegiatan Bimbingan Teknis yang diadakan Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul. (Foto: Kiriman Humas UWM)

BERNASNEWS.COM — Deskripsi suatu pekerjaan akan sangat membantu dalam penentuan sasaran pekerjaan. Sebuah lembaga, perusahaan maupun organisasi lainnya membutuhkan deskripsi atas jabatan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Hal itu dikatakan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram (UWM) Nany Noor Kurniyati, SE. MM, M.Sc dalam kegiatan Bimbingan Teknis yang diadakan Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta dari forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Bantul.

“Analisis jabatan ini merupakan studi isi suatu jabatan untuk menentukan kebutuhan karyawan,” terang Nany Noor Kurniyati, Kamis (10/12/2020), di salah satu Resto Bantul. Kegiatan yang digelar selama dua hari, tanggal 10-11 Desember 2020, tersebut sudah menjadi acara rutin tahunan dari seksi penempatan tenaga kerja Disnakertrans Kabupaten Bantul.

Menurut Nany, analisis jabatan bagian dari proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan berbagai operasi dan kewajiban suatu jabatan. Dalam sebuah organisasi, spesifikasi jabatan merupakan standar personalia/ SDM yang akan digunakan sebagai pembanding para pelamar jabatan.

Informasi jabatan yang diperoleh dari analisa jabatan, lanjut Nany,  sering menghasilkan petunjuk bahwa ada yang perlu diperbaiki dalam suatu organisasi. Bagi pegawai baru, deskripsi jabatan sangat berguna untuk orientasi sehingga dirinya mengerti gambaran tentang pekerjaan yang harus dilakukan. “Informasi jabatan akan sangat berguna dalam pemberian konsultasi, baik bagi yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja, tetapi merasa tidak sesuai dengan jabatannya sekarang ini,” tandasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here