Home News Dokter dan Nakes di Puskesmas Terapkan Protokol Sesuai SOP

Dokter dan Nakes di Puskesmas Terapkan Protokol Sesuai SOP

68
0
Salah satu kegiatan rapid tes. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Sebagai tenaga medis, dalam keseharian bertugas di Puskesmas, dokter maupun tenaga kesehatan (nrakes) lainnya sudah menerapkan protokol perlindungan diri sesuai SOP. Hal ini juga berlaku untuk semua karyawan sesuai tugas masing-masing.

Hal itu disampaikan dr Sri Wahyu Joko Santoso, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bantul, Jumat (3/7/2020) terkait adanya laporan yang disampaikan BBTKL, Kamis (2/7/2020) yang menyebutkan bahwa salah satu dokter di Puskesmas Banguntapan 1, Bantul, hasilnya positif Covid 19.

Menurut dokter Okki-sapaan dr Sri Wahyu Joko Santoso-sebelum dilakukan pengambilan swab, di puskesmas diadakan rapid test kepada seluruh karyawan dimana hasil rapid test dokter tersebut menunjukan reaktif. Kemudian yang bersangkutan dirujuk ke PKU Bantul untuk pengambilan swab. Namun, riwayat penularan sedang dielusuri.

Sebagai tindak lanjut dari hasil tes terbut, menurut dr Okki, semua karyawan di puskesmas sudah dilakukan pengambilan swab PCR di RSLKC. Dan program pengambilan tes swab pada bulan ini sudah direncanakan untuk seluruh Nakes di Puskesmas sebagai tindak lanjut pasca pelatihan pengambilan swab yang diikuti oleh Nakes puskesmas beberapa hari lalu di BLK DIY. “Jadi bukan karena ada kasus ini,” kata dr Okki.

Dan untuk keamanan lingkungan sementara dilakukan disenfektan dan sterilisasi di lingkungan puskesmas sehingga untuk sementara waktu puskesmas ditutup. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here