Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsDokter Asdi Yudiono: Melakukan Kebaikan Supaya Kita Bahagia

Dokter Asdi Yudiono: Melakukan Kebaikan Supaya Kita Bahagia

bernasnews.com – Untuk memperoleh kebahagiaan banyak cara yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Mulai dari memiliki perasaan yang baik sampai melakukan kebaikan bagi sesama. Pada prinsipnya, ada empat hormon kebahagiaan yang dapat menjaga kesehatan mental seseorang.

“Keempat hormon kebahagiaan itu adalah Dopamin sebagai hormon perasaan baik, Endorfin sebagai pereda nyeri alami tubuh, Serotonin yang berperan mengelola suasana hati, dan Oksitosin sebagai hormon cinta. Jangan lupa, senang itu menyehatkan dan sehat itu menyenangkan,” kata Penanggung Jawab Klinik Intan Yogyakarta Dokter Asdi Yudiono kepada bernasnews.com melalui WhatsApp di Yogyakarta, pekan lalu.

Menurut informasi, Klinik Intan yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 3, Pakualaman Yogyakarta hanya libur pada lebaran hari pertama. Untuk lebaran hari kedua, sudah buka melayani masyarakat umum seperti biasanya.

Sebagai fasilitas kesehatan, Klinik Intan berkomitmen ikut menyongsong Indonesia Sehat. Dengan empat orang dokter, 23 orang tenaga medis dan nonmedis, serta fisioterapi, klinik ini terus berusaha mendukung kesembuhan pasien.

Sederhana tapi harus dibiasakan

Dokter Asdi mengatakan, untuk Dopamin sebagai hormon perasaan baik kita dapat menikmatinya melalui menyantap makanan enak, tidur yang cukup, olahraga dan meditasi. Keempat hal ini terlihat sederdana, namun harus dibiasakan atau dilatih.    

Kemudian hormat Endorfin sebagai pereda nyeri alami tubuh dapat diperoleh dari aksi tertawa, mendengarkan musik, makan cokelat dan nonton film.

Mendapatkan hormon Serotonin yang berperan mengelola suasana hati dengan berjemur di bawah sinar matahari, melihat pemandangan alam, jalan-jalan, serta berdoa dan beribadah. 

Sedangkan Oksitosin sebagai hormon cinta didapatkan dengan berpelukan, berbagi cinta, bermain dengan hewan peliharaan dan melakukan kebaikan.

Tips hidup sehat

Menjawab pertanyaan tentang tips hidup sehat, Dokter Asdi Yudiono mengatakan, secara alami cukup mudah dibiasakan sehari-hari. Setiap orang tentu ingin hidup sehat sambil melakukan kegiatan harian bersama orang-orang tercinta.

“Hidup sehat mulai dari diri sendiri. Seberapapun hebat kita sebagai individu atau pemimpin, apabila tidak dapat memimpin tubuh sendiri, maka kita belum layak dikatakan sebagai pemimpin. Oleh karena itu, melindungi kesehatan tubuh adalah prioritas utama,” kata dia.

Tips hidup sehat itu dimulai dengan perbanyak minum air putih, kebersihan, menghirup udara segar, olahraga, makan buah-buahan segar, tidur atau istirahat yang cukup, dan mewujudkan lingkungan yang sehat. Untuk minum air putih setidak-tidaknya minum 6 – 8 gelas setiap hari untuk melindungi kesehatan ginjal dan saluran kemih. (mar)   

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments