Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsDokter Asdi Yudiono: Jam Kerja Biologis Organ Tubuh Manusia

Dokter Asdi Yudiono: Jam Kerja Biologis Organ Tubuh Manusia

bernasnews.com – Dinamika kehidupan setiap hari cukup membuat sibuk setiap insan manusia. Baik anak-anak, remaja, muda, dewasa dan orang tua. Demikian pula bagi laki-laki dan perempuan. Itu semua membutuhkan stamina, energi, dan gerakan tubuh supaya kita tetap sehat.

“Sama seperti orang yang memiliki ‘jam kerja’ setiap hari, biologis organ tubuh manusia juga memiliki jam kerja. Hal ini harus menjadi pemahaman kita semua supaya tetap sehat. Karena sehat itu menyenangkan, dan senang itu menyehatkan,” kata Penanggung Jawab Klinik Intan Dokter Asdi Yudiono kepada bernasnews.com di ruang kerjanya, Jalan Masjid Nomor 3 Pakualaman,Yogyakarta, Senin (6/6/2022).

Menurut dia, dari pukul 07.00 – 09.00 daya kerja lambung sedang kuat-kuatnya. Untuk itu, dianjurkan sarapan yang bergizi tinggi pada jam ini. Kemudian pukul 11.00 – 13.00, hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah. Ini penting untuk organ jantung.

Selanjutnya, pada pukul 13.00 – 15.00, kondisi liver sedang lemah, maka dengan istirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Pukul 15.00 – 17.00, paru-paru sedang lemah, istirahat dan nafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru-paru. Pada pukul 17.00 – 19.00 ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini waktu terbaik untuk belajar. Kemudian pada pukul 19.00 – 21.00, lambung sedang lemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna atau lebih baik berhenti makan.

“Bagaimana dengan organ limpa, jantung, hati, paru-paru dan usus besar pada jam-jam berikut?” tanya bernasnews.com.

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta angkatan tahun 1986 ini menjawab, pada pukul 21.00 – 23.00 limpa dalam kondisi lemah. Terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di waktu ini, artinya limpa ada gangguan.

“Pukul 23.00 sampai 01.00, jantung sedang dalam kondisi lemah. Ini waktunya istirahat untuk pemulihan energi tubuh. Pukul 01.00 sampai 03.00, liver dalam kondisi kuat. Terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel,” kata dia.

Suami Yovita Sri Setyaningsih dan ayah dari Rahajeng Ayu Anindita, S.E., M.B.A., dr. Dimas Adhi Pradita, Raditya Dion Mahendra, Permata Dinda Diavisya dan Mutiara Karina Detrevie ini menambahkan tentang jam kerja paru-paru. Pada pukul 02.30 – 04.30, kondisi organ paru-paru sedang kuat. Terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru-paru. Akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru-paru kotor.

“Ini waktu terbaik untuk salat malam. Saat sujud pada waktu inilah mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu, yang tidak dapat dialirkan darah pada saat sujud di waktu siang,” kata dia.

Selanjutnya pada pukul 05.00 – 07.00 usus besar dalam kondisi kuat. Biasakanlah buang air besar di waktu ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua. Demikian dr. Asdi Yudiono. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments