Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsDokter Asdi Yudiono : Jaga Mood Tetap Selalu Bahagia

Dokter Asdi Yudiono : Jaga Mood Tetap Selalu Bahagia

bernasnews.com – Dokter Asdi Yudiono mengatakan, olahraga teratur dan efeknya terhadap  umur panjang ternyata hanya menempati peringkat ke delapan. Artinya apa? Bahwa olahraga teratur itu baik, namun harus melakukan hal lainnya supaya kita sehat dan bahagia. Karena sehat itu menyenangkan, dan senang itu menyehatkan.

“Emosi ternyata berdampak besar pada kesehatan. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga mood tetap selalu bahagia,” kata Penanggung Jawab Klinik Intan Yogyakarta ini kepada bernasnews.com di Yogyakarta, Sabtu (18/6/2022). 

Menurut dia, di antara delapan kebiasaan umur panjang yang diakui di dunia, konsep umum kita tentang pengobatan kesehatan yang baik olahraga, berada di peringkat paling bawah. Ini betul-betul tidak terduga. Jadi apa kebiasaan umur panjang yang menempati urutan pertama?

Peringkat kebiasaan umur panjang untuk juara 8 : rutin olahraga, juara 7 : makan ikan dua kali seminggu, juara 6 : makan biji-bijian tiga kali seminggu, juara 5 : minum cukup air setiap hari, juara 4 :  satu telur per hari, juara 3 : 80% makanan penuh gizi, juara 2 : pastikan tidur atau istirahat yang cukup, dan juara 1 : jaga mood Anda tetap selalu bahagia

“Emosi itu berdampak besar pada kesehatan. Orang yang depresi dan sangat stres dalam waktu yang lama dapat dengan mudah menyebabkan gangguan endokrin dan membawa serangkaian risiko kesehatan. 

Orang yang berumur lebih dari seratus tahun pada dasarnya optimis. Meskipun telah melalui perubahan-perubahan dalam hidup, mereka tetap tersenyum pada kehidupan. Suasana hati yang bahagia dan ketenangan pikiran adalah ‘obat yang baik’, terbaik untuk pencegahan penyakit. Hati gembira adalah obat yang paling bagus,” kata suami Yovita ini seraya tertawa.

Manfaat dan gizi telur

Tentang juara 4 untuk hidup sehat yakni makan satu telur per hari, dr. Asdi Yudiono yang jadi panitia Dies Natalis ke-77 FK-KMK UGM Yogyakarta tahun 2023 ini mengatakan, telur itu adalah bahan makanan hewani yang mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro.

Putih telur mengadung protein, vitamin B2, B6, B12 dan selenium. Kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol dan beberapa jenis mineral. Telur merupakan sumber protein yang mudah didapat dan sering kita konsumsi.

“Akan tetapi perlu dipertimbangkan cara pengolahannya agar mendapatkan zat gizi yang optimal. Kuning telur sebaiknya dikonsumsi dua kali seminggu untuk menjaga kadar kolesteroal dalam darah,” kata dia.  

 Telur ayam bermanfaat menjaga kesehatan mata, kesehatan otak, membantu menjaga berat badan dan menguatkan sistem imun. Zat gizi pada telur ayam : 77 kalori; 6,3 gram protein; 5,3 gram lemak total; 1,6 gram lemak jenuh; 0,6 gram karbohidrat; 212 gram kolesterol.

Telur bebek bermanfaat untuk mendukung kesehatan fungsi otak dan kesehatan kulit. Zat gizi telur bebek : vitamin B12; 187 kalori; protein 11,9 gram; lemak 14,2 gram; karbohidrat 3gram.

Kemudian telur puyuh bermanfaat untuk meningkatkan imunitas serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. Zat gizi telur puyuh per lima butir : protein 5 gram; 5 gram lemak; 75 kalori; vitamin A, selenium, zat besi, dan kalsium. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments