Home News DLHK DIY Lakukan Verifikasi Sekolah Nominator Adiwiyata Tahun 2021

DLHK DIY Lakukan Verifikasi Sekolah Nominator Adiwiyata Tahun 2021

296
0
Tim verifikator DLHK DIY dengan pembagian tugas, survey lapangan dan survey dokumen keliling di lingkungan SMK N 2 Yogyakarta menyaksikan langsung inovasi penyiraman air pada tanaman dengan energi terbarukan solar cell karya dari siswa. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Tim verifikator lapangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) DIY , Kamis (24/6/2021), melakukan verifikasi calon sekolah Adiwiyata, ke SMK N 2 Yogyakarta. Tim verifikator DLHK DIY berjumlah 5 personil dan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Penaatan, Pengkajian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Ir. Kuncara Hadi Purwaka, MMA.

Tim verifikator lapangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) DIY , Kamis (24/6/2021), melakukan verifikasi calon sekolah Adiwiyata, ke SMK N 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Dalam sambutannya, Kuncara Hadi Purwaka menyampaikan, bahwa tujuan dari sekolah berpredikat Adiwiyata adalah untuk menciptakan budaya peduli lingkungan. “Membuat lingkungan sekolah, suasana nyaman dan berdayaguna lingkungan yang regenerative bagi generasi yang akan datang,” ungkap Kuncara.

Sementara Kepala SMK N 2 Yogyakarta Dodot Yuliantoro, SPd, MT berharap, bahwa dengan maju ke tahapan sekolah calon Adiwiyata tingkat DIY tahun 2021 ini, SMK N 2 Yogyakarta menjadi sekolah yang nyaman dan menyumbangkan oksigen bagi seluruh civitas akademika dan lingkungan sekitarnya.

Inovasi pemberi pakan dan minum burung otomatis control android dalam sangkar, hasil karya siswa SMK N 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

“Sehingga suasana belajar jadi sehat dan nyaman, dan juga pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (reuse, recycle, reduce) membuat lingkungan yang bersih serta pengelolaan limbah hasil praktek dengan benar,” kata Dodot Yuliantoro.

Tim verifikator DLHK DIY dengan pembagian tugas, survai lapangan dan survai dokumen keliling di lingkungan SMK N 2 Yogyakarta menyaksikan langsung kondisi lingkungan sekolah yang tahun 2021 ini dinominasikan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat DIY.

Tim Verifikasi DLHK DIY sedang mengamati unit pengolahan sampah di SMK N 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Beberapa hal yang menjadi poin sekolah Adiwiyata adalah, penerapan dan keterlibatan serta kesadaran dalam budaya Perilaku Ramah Lingkungan Hidup bagi semua warga sekolah yang meliputi pengelolaan sampah sesuai jenis sampahnya, konservasi tanah, air dan udara juga teknologi ramah lingkungan dan energy terbarukan.

Dalam kesempatan itu SMK N 2 Yogyakarta juga menampilkan inovasi pendukung calon sekolah Adiwiyata berupa inovasi pemberi pakan dan minum burung otomatis control android hasil karya siswa, penyiraman air pada tanaman dengan energi terbarukan solar cell, motor gede listrik dan sebagainya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here