DIY Resmikan Patung Garuda Pancasila Sebagai Peringatan Sewindu UU Keistimewaan

    544
    0
    Peresmian patung Garuda Pancasila. Foto: birgita

    BERNASNEWS.COM – Sebuah patung berbentuk Garuda Pancasila dengan berat sekitar satu kuintal diresmikan di Kompleks Kepatihan, Rabu (10/6/2020). Peresmian patung setinggi 3 meter itu menjadi salah satu penanda persiapan menyambut sewindu Undang-undang Keistimewaan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Peresmian patung Garuda itu dihadiri langsung oleh oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Tazbir Abdullah selaku Ketua Peringatan Sewindu UU Keistimewaan DIY mengatakan bahwa patung Pancasila itu akan ditempatkan di kepatihan.

    “Akan ditempatkan di ruangan ini di Kompleks Kepatihan yaitu patung Garuda Pancasila dan segera kita sebagai bentuk dari negara kesatuan, salah satu komitmen keistimewaan adalah komitmen negara kesatuan menjaga nilai-nilai Pancasila,” katanya di Kompleks Kepatihan, Rabu (10/6/2020).

    Menurutnya peresmian ini menjadi bentuk yang tepat sebagai bagian dari menyambut sewindu UU Keistimewaan DIY sekaligus simbol dari dari komitmen DIY dalam keistimewaannya kepada Indonesia.

    Sementara itu Yusman, sang pembuat kriya patung Garuda Pancasila tersebut mengatakan bahwa pembuatan patung itu memakan waktu hingga sekitar 3 bulan.

    “Patung ini terbuat dari fiberglass kita buat selama 3 bulan,” kata sang seniman.

    Nantinya selain memamerkan patung ini, pihaknya mengatakan bahwa direncanakan akan ada pameran lainnya dalam perayaan sewindu UU Keistimewaan DIY. Di dalamnya akan ada pameran yang juga melibatkan hasil karya dari kriya.

    “Kita berterima kasih sekali kepada Gusti Mangkubumi yang mengarahkan kita. Kita akan ada pameran untuk memperingati UU Keistimewaan dengan akan menampilkan nanti salah satunya karya kami,” pungkasnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here