Home News Dispar DIY Gelar Acara Simulasi SOP Kesehatan Travel Agent dan MICE

Dispar DIY Gelar Acara Simulasi SOP Kesehatan Travel Agent dan MICE

387
0
Dinas Pariwisata (Dispar) DIY menggelar acara simulasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan Travel Agent dan MICE, tanggal 24-25 Juli 2020, menuju “Pranatan Anyar Plesiran Jogja”. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Dinas Pariwisata (Dispar) DIY menggelar acara simulasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan Travel Agent dan MICE, tanggal 24-25 Juli 2020, menuju “Pranatan Anyar Plesiran Jogja”. Kegiatan Dinas Pariwisata DIY ini hasil kerjasama dengan Gabungan Industri Pariwisata (GIPI) DIY yang terdiri dari ASITA, PHARI, HPI, Dinas Pariwisata Kota/ Kabupaten, PT. Angkasa Pura 1 dan PT. KAI. Dengan agenda paket wisata dua hari satu malam (2D1N).

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, SH, MEd. (Foto: Istimewa)

“Juga didukung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Bank Indonesia, dengan diikutin oleh sebanyak 35 oang yang terdiri dari perwakilan industri dan asosiasi, serta dari instansi terkait. Dalam rangka menyiapkan “Masa Pranatan Anyar Plesiran Jogja” (New Normal) oleh industri pariwisata DIY, termasuk hotel, resto dan travel agent, serta destinasi,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo, SH, MEd, Sabtu (25/7/2020).

Peserta simulasi dalam penjempuntan dengan armada mini bus. (Foto: Istimewa)

Simulasi dilakukan dari penjemputan di Stasiun Tugu dan keberangkatan melewati Yogyakarta International Airport (YIA), lanjut Singgih Raharjo menjelaskan, rangkaian program tersebut hari pertama, antara lain, mengunjungi destinasi di Candi Prambanan, Tebing Breksi dengan Jeep Tour, Pegunungan Nglanggran dan Pinus Pengger. “Selama kunjungan juga dilakukasi simulasi reservasi online dengan Visiting Jogja Aplikasi yang sinergi dengan Jogja Pass,” terang Singgih.

Peseerta simulasi saat keluar dari Bandara YIA untuk menuju ruang tunggu. (Foto: Istimewa)

Pada malam hari pertama dilakukan Simulasi Pelaksanaan MICE. Sementara pada hari kedua dilakukan kunjungan ke Jalan Malioboro , Museum Sonobudoyo , Kraton Yogyakarta dan destinasi  Hutan Mangrove Kadilangu, serta berakhir di Bandara YIA. Memastikan SOP dan protokoler kesehatan terimplementasi di semua sight yang dipakai yang sudah menerapkan uji coba operasional terbatas. Mensinkronkan SOP semua stakeholder agar kenyamanan berwisata bisa terlaksana dengan baik.

Para peserta simulasi saat diterima oleh pemandu wisata di Kraton Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

“Menjadikan role model standar berwisata di DIY, mengingat perkembangan kegiatan kepariwisataan yang sudah berjalan masih belum banyak yang belum standar sesuai SOP protokol kesehatan. Melakukan pemantauan pendataan dalam destinasi dengan menggunakan Aplikasi Visiting Jogja,” tutup Singgih Raharjo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here