Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataDisbud Kota Yogyakarta Tingkatkan Kesan Museum Sebagai Sarana Edukasi Lewat LCC

Disbud Kota Yogyakarta Tingkatkan Kesan Museum Sebagai Sarana Edukasi Lewat LCC

bernasnews.com – Dalam mendukung penguatan peran museum di Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC). Kegiatan yang melibatkan sejumlah siswa SMP di kota Yogyakarta baik dari negeri maupun swasta ini bertujuan untuk menyebarluaskan peran museum sebagai sarana edukasi dan rekreasi sejarah serta kebudayaan kepada masyarakat Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini bahkan secara tidak langsung memotivasi anak-anak sekolah untuk mempelajari dan mengenal berbagai koleksi sejarah yang tersebar di museum-museum yang ada di kota Yogyakarta. Kegiatan LCC ini berlangsung beberapa hari dimana puncak grand final LCC ini diadakan pada Sabtu (21/5/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan babak grand final tahun ini digelar secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peserta ditugaskan untuk menyelesaikan soal di lima pos di tiga museum yakni Museum Sonobudoyo, Museum Vredeburg,  Museum Taman Pintar.

Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Dwi Hana Cahya Sumpena menuturkan jika dalam proses penyusunan soal, Disbud Kota Yogyakarta melibatkan berbagai ahli baik dari Forum Komunikasi Museum Kota, MGMP Sejarah, MGMP IPS, dan pengajar Universitas Negeri Yogyakarta. Langkah ini diambil guna menghasilkan soal-soal yang berkualitas.

“Apresiasi positif dari berbagai sekolah tingkat SMP Negeri dan Swasta di Kota Yogakarta. Peserta yang mendaftar cukup banyak dan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya 16 kelompok menjadi 25 kelompok,” ungkap Dwi Hana.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments