Home Ekonomi Diperindag DIY Gelar Jogja Premium Export Virtual Expo 2020

Diperindag DIY Gelar Jogja Premium Export Virtual Expo 2020

204
0
Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY menggelar kegiatan “Jogja Premium Export Virtual Expo”, tanggal 12 - 15 November 2020, di Kasultanan 3, Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Tahun Anggaran 2020 membuat terobosan kegiatan yang diharapkan mampu menggerakan ekspor dengan berbasis teknologi informasi, berupa kegiatan “Jogja Premium Export Virtual Expo”. Kegiatan dengan tema Jogja Creative Product for Global Opportunies, berlangsung Kamis – Minggu, 12 – 15 November 2020, di Kasultanan 3, Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta.

“Jogja Premium Export merupakan brand yang digaungkan pertama kali pada keikutsertaan DIY di Festival Indonesia Moscow tahun 2019. Di festival tersebut, stand Yogyakarta mendapatkan animo yang sangat tinggi dari masyarakat Moscow. Dan mendapatkan apresiasi dari penyelenggara sebagai Peserta Terbaik,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ir, Aris Riyanta, M Si dalam acara press conference, di Hotel Yellow Star, Jumat (6/11/2020).

Menurut Aris Riyanta, Jogja Premium Export dikenal sebagai ruang showcase bagi produk-produk berkualitas Industri Kecil dan menengah (IKM ) DIY yang berhasil menembus pasar ekspor. “Untuk mempertahankan eksistensi dan menggaungkan brand Jogja Premium Export agar semakin dikenal oleh masyarakat luas, maka perlu dilakukan promosi secara berkelanjutan terhadap kampanye brand tersebut,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Ir, Aris Riyanta, M Si saat memaparkan rencana penyelenggaraan Jogja Premium Export 2020 saat Press Confeence, di Yellow Star Hotel, Yogyakarta, Jumat (6/11/2020). Foto: Istimewa

Di tengah masa pandemi yang masih berlangsung ini, kegiatan Jogja Premium Export hadir dengan inovasi pameran secara virtual dengan platform website online www.jogjapremium.com, lanjut Aris, maksud diselenggarakannya “Jogja Premium Export Virtual Expo” adalah untuk memberikan dukungan langsung kepada IKM untuk melaksanakan promosi dan menunjukkan eksistensinya di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasarannya melalui Digital Marketing,” kata Aris.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini di antaranya adalah, memfasilitasi produk-produk ekspor IKM DIY untuk diperkenalkan dan dipromosikan melalui pameran virtual. Sehingga dapat memberikan pembelajaran dan pengalamanakan promosi secara virtual/ digital. Memberikan efek pendukung dalam pemulihan pergerakan kegiatan ekonomi di wilayah DIY khususnya, dan di Indonesia pada umumnya.

“Mendorong berkembangnya desain produk-produk unggulan, meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan pemasaran produk unggulan DIY. Juga meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan IKM produk unggulan DIY, serta meningkatkan nilai ekspor,” tegas Aris.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi bagi berbagai elemen stakeholder di antaranya IKM produk-produk ekspor, instansi terkait di Kabupaten/ Kota, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kebudayaan DIY, KADIN, KBRI di berbagai negara, ITPC di berbagai negara, dan buyer-buyer domestic maupun mancanegara. Sementara mata acaranya sendiri terdiri dari, talkshow/ webinar, fashion show, promosi/ presentasi produk, dan hiburan musik. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here