Home News Dindag Kota Yogyakarta Rutin Lakukan Seterilasi Pasar

Dindag Kota Yogyakarta Rutin Lakukan Seterilasi Pasar

126
0
Pasar Tradisional Beringharjo, Kota Yogyakarta, DIY. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dinas Perdagangan (Dindag) Kota Yogyakarta secara rutin mensterilisasikan tempat-tempat pasar yang ada di Kota Yogyakarta. Kegiatan itu dalam rangka memberikan kenyamanan masyarakat saat hendak memasuki pasar atau berbelanja. Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pasar Rakyat Gunawan Nugroho Utomo.

Dikutip dari Portal Berita Pemerintahan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utomo menjelaskan, bahwa pihaknya membuat posko pemantauan protokol kesehatan (prokes) di pasar, antara lain Pasar Kranggan dan Pasar Beringharjo.

“Disitulah kami sangat terbantu untuk menghimbau masyarakat agar ketika masuk pasar tetap harus protokol kesehatan. Karena kalau pasar ditutup total atau dibatasi akan berpengaruh, baik dari segi distribusi logistik maupun ekonomi,” ungkap Gunawan, Senin (9/8/2021).

Perlunya perhatian khusus dalam penanganan dan pengawasan di pasar, Juga memerlukan kerjasama dari berbagai pihak seperti Polri, TNI, masyarakat serta pihak-pihak terkait. Ketika perlu ada penanganan khusus dalam arti harus ada ekstra pengawasan, pasar perlu dijaga dengan sangat ketat. “Jadi posko itu fungsinya untuk koordinasi karena kita di masa pandemi ini selalu butuh update data untuk membuat kebijakan di pasar. Dari Dindag juga ikut memantau,” jelasnya.

Adanya posko, lanjut Gunawan, diharapkan dapat memantau, mendata, dan sebagai distribusi bantuan dari berbagai pihak yang ingin membantu warga pasar. “Seperti belum lama ini Polri memberikan bantuan berupa paket sembako kepada warga pasar. Mekanismenya langsung dari kepolisian, saya rasa itu sangat berarti bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya Dindag Kota Yogyakarta sendiri telah memiliki satgas Covid-19 di masing-masing pasar, tetapi adanya keterbatasan beberapa hal posko ditutup di beberapa pasar. ”Sebab kami rasa tidak optimal,maka dengan hadirnya teman-teman instansi dan pihak terkait seperti, TNI atau Polri sangat membantu kami. Harapannya kedepan bisa lebih baik lagi pemantauan prokesnya,” jelasnya.

Selain ada Lurah Pasar dalam mensterilkan pasar bersama anggota kebersihan pasar, Dindag Kota Yogyakarta secara rutin juga melakukan penyemprotan dan sterilisasi. Kegiatan itu dibantu oleh paguyuban pedagang pasar untuk melakukan sterilisasi sekali selama seminggu hampir di semua pasar. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here