Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanDinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Layanan Perpustakaan Keliling

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Layanan Perpustakaan Keliling

BERNASNEWS.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman melalui bidang perpustakaan melaksanakan Koordinasi Layanan Perpustakaan Keliling dengan mengundang 82 Kepala Sekolah SD/SMP yang tersebar di 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman, Selasa 25 Januari 2022 di Aula Pangripta BAPPEDA Kabupaten Sleman. Koordinasi dipimpin oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Beska SH.

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan Fauzan Darmadi ST sasaran perpustakaan keliling tahun 2022 ini sebanyak 82 lokasi terdiri dari 51 anggota baru yang mengajukan permohonan perpustakaan keliling dan 31 anggota diambil dari anggota tahun 2021 yang masih perlu dilanjutkan kerjasamanya. Dalam operasionalnya didukung dengan 2 bus, 1 inova, 1 dobel kabin dan 1 kijang, yang melayani peminjaman dan pengembalian ke sekolah-sekolah yang menjadi sasaran untuk mendekatkan perpustakaan dengan pembacanya. Satu bulan melayani 82 sekolah.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Dra Sri Wantini MPd dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com mengatakan koordinasi ini diharapkan memudahkan sinkronisasi dalam kegiatan pelayanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca dan menguatkan budaya literasi dari baca menjadi karya menuju masyarakat Sleman yang cerdas.

Dikatakan, untuk mengoptimalkan layanan perpustakaan sampai ke lapisan masyarakat dilakukan dengan berbagai jenis layanan di antaranya Layanan Menetap, Layanan Kunjung Perpustakaan, Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Silang Layan, Layanan Rujukan ditambah lagi dengan kegiatan roadshow, workshop dan lomba bercerita.

Sebanyak 82 Kepala SD/SMP yang tersebar di 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman mengikuti koordinasi perpustaakn keliling di Aula Pangripta BAPPEDA Kabupaten Sleman, Selasa 25 Januari 2022. Foto: Istimewa

Tidak mau ketinggalan dengan teknologi digital saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sleman juga memberikan layanan digital perpustakaan yakni Web Dinas yang apat diakses melalui www.perpusarsip.slemankab.go.id berisi konten informasi kedinasan dan dapat pula menjadi pintasan penelusuran informasi seperti akses ke opac, ebook, youtube dan lain-lain.

Selain itu memanfaatkan penggunaan sosial media melalui youtube @perpusarsipsleman dan instagram @perpusarispsleman. Dua platform ini menjadi sarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk konten yang menarik mengingat saat ini sosial media menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam aktifitas masyarakat. Layanan melalui hotline nomor whatsap 081390382343, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menanyakan berbagai informasi terkait kedinasan maupun layanan.

Selain itu whatsapp perpustakaan dapat juga dimanfaatkan untuk memperpanjang masa peminjaman sehingga masyarakat tidak perlu datang langsung ke perpustakaan. Hal ini dapat mendukung peraturan pemerintah dalam tanggap darurat covid yaitu mengurangsi mobilitas masyarakat.

Dikatakan, Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kabupaten Sleman juga memiliki layanan e-book perpustakaan Sleman. E-book perpustakaan Sleman dapat diunduh melalui playstore di gadget, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi melalui buku elektronik. Untuk sarana penelusuran koleksi masyarakat dapat mengakses katalog buku online melalui opac.slemankab.go.id sehingga masyarakat dapat mengetahui ketersediaan koleksi di perpustakaan.

Selain opac ada juga SOS atau Sleman One Search. SOS merupakan sarana penelusuran koleksi, namun koleksi yang ada adalah koleksi gabungan dari berbagai perpustakaan desa, perpustakaan komunitas dan perpustakaan sekolah yang tergabung dalam SOS. Sehingga masyarakat dapat melihat apakah koleksi yg diinginkan tersedia di lokasi perpustakaan mana dan nantinya dapat memilih meminjam koleksi di perpustakaan yg diinginkan.Diharapkan dengan adanya layanan digital perpustakaan masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang tersedia sehingga dapat meningkatkan literasi masyarakat di Kabupaten Sleman. (nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments