Home Ekonomi Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Melakukan Pembenihan Ikan Lele

Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Melakukan Pembenihan Ikan Lele

47
0
Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY Rb Dwi Wahyu Budiantoro SPd MPd (kedua dari kanan) saat meninjau tempat pembibitan ikan lele di Gambiran, Pandean, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Senin (2/12/2019). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Dinas Perikanan dan Kelauta Kota Yogyakarta melakukan pembenihan ikan lele di Gambiran, Pandean, Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ikan lele yang terus meningkat setiap tahun, sementara selama ini persediaan masih tergantung pada pasokan dari luar daerah.

“Di Gambiran ini tidak hanya untuk pembesaran tapi juga mempersiapkan benih. Kalota au dilakukan pendampingan dan pembinaan yang baik maka tidak mustahil program ini akan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan program pembibitan ikan lele ini akan menjawab kebutuhan bibit unggul bagi peternak lele, khususnya di Kota Yogyakarta,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY Rb Dwi Wahu Budiantoro SPD MPd ketika melakukan kunjungan kerja ke tempat pembibitan lele di Gambiran, Pandean, Kota Yogyakarta, Senin (2/12/2019).

Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DIY ini, pembenihan ikan lele di Gambiran, Pandean, Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini bukan program asal-asalan, bahkan mungkin ada ada yang mempertanyakan efektifitas program ini meningat lokasinya berada di tengah kota. Namun, menurut Dwi Wahyu, meski berada di tengah kota masih memungkinkan untuk program pembenihan ikan bisa dilakukan. Karena hal ini untuk menjawab keprihatinan selama ini dimana untuk memenuhi kebutuhan di kota harus didatangkan dari luar kota. “Pembibitan lele ini akan menjawab kebutuhan bibit unggul bagi peternak lele, kususnya di Kota Yogyakarta,” kata Dwi Wahyu.

Menurut Dwi Wahyi, Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Yogyakarta tidak hanya konsen pada peternakan, tapi juga punya konsep dari hulu sampai hilir. Artinya program dimulai dari sosialisasi gemar makan ikan dilanjutkan dengan program alih teknologi dengan memberikan lelatihan masak ikan. Hal ini diharapkan akan tumbuh kelompok olahan ikan dan dinas akan memfasilitasi pemasarannya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here