Home Pariwisata Dinas Pariwisata DIY Luncurkan Calendar of Event DIY 2020

Dinas Pariwisata DIY Luncurkan Calendar of Event DIY 2020

687
0
(dari kiri ke kanan) Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo; Deputi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizky Handayani; dan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji; saat meluncurkan Calendar of Event DIY 2020 di Lintang Sewu, Mangunan, Dlingo, Bantul, Kamis (23/1/2020) malam. (Foto: Len)

BERNASNEWS.COM – Menjadi agenda tahunan bagi Dinas Pariwisata DIY untuk meluncurkan Calender of Event. Kalender ini tujuannya untuk menginformasikan pada masyarakat luas terkait dengan pertunjukan budaya yang digelar di DIY.

Di tahun 2020 ini, Dinas Pariwisata DIY memasukkan 283 event budaya ke dalam Calender of Event DIY 2020. Dari ratusan event ini, 21 diantaranya merupakan ‘iconic event’.

“Ini menjadi guiding bagi wisatawan sesuai dengan keinginan akan memilih kapan para wisatawan datang ke Jogja,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, saat peluncuran Calendar of Event DIY 2020 di Lintang Sewu, Mangunan, Dlingo, Bantul. Kamis (23/1/2020) malam.

Untuk menginformasikan lebih luas ke masyarakat, Calender of Event DIY 2020 ini, diharapkan bisa dipasang di sejumlah titik yang kerap dilihat oleh wisatawan maupun masyarakat lokal DIY.

“Saya sarankan teman-teman GM hotel dan PHRI, kalau tiap bulan di lobby hotel ada list calender of event tiap bulan. Di Jalan Malioboro, di tempat yang memang sentra wisatawan, kalau ada papan pengumuman, mungkin setiap bulan itu bisa diinfokan. Ini supaya lama tinggal jadi diperpanjang,” ujar Deputi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizky Handayani.

Sebagai provinsi yang memiliki ragam destinasi wisata, DIY menjadi salah satu destinasi wisata yang diidam-idamkan oleh wisatawan domestik dan manca negara. Sehingga, pemerintah menjadikan industri pariwisata menjadi salah satu harapan untuk meningkatkan produk domestik regional bruto (PDRB).

Apabila PDRB di DIY tinggi, hal ini juga akan memberikan masyarakat keuntungan, yaitu meningkatnya kehidupan ekonomi. Tak hanya itu, peningkatan PDRB juga akan meningkatkan kesejahterahan sosial masyarakat.

“Untuk dapat PDRB yang tinggi, di DIY tidak ada industri-industri yang besar, industri yang butuh tempat yang luas, karena tanah kita tidak banyak. Satu-satunya industri yang kita harapkan adalah industri pariwisata,” kata Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here