Home News Dinas Pariwisata DIY Gelar Upacara Peringatan Kelahiran Pancasila

Dinas Pariwisata DIY Gelar Upacara Peringatan Kelahiran Pancasila

65
0
Usai melaksanakan upacara Peringatan Kelahiran Pancasila, seluruh peserta dari jajaran Dinas Pariwisata DIY dan tamu sesi foto bersama sebagai dokumen kenangan. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (01/06/2019), menggelar upacara Peringatan Kelahiran Pancasila, di halaman Dinpar DIY, Jalan Janti KM 4 Yogyakarta. Bertindak selaku inspektur upacara Kepada Dinas Pariwisata, Singgih Raharjo, SH MEd.

Kasie Pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Marlina Handayani, S.Pd, M.M, kepada Bernasnews.com, menjelaskan, bahwa upacara memperingati lahirnya Pancasila tersebut, selain diikuti oleh seluruh jajaran dan staf Dinas Pariwisata DIY. Juga dihadiri oleh beberapa pejabat dan staf dari Kementrian RI dan BPKP Jakarta.

“Beberapa pejabat dan staf dari Kementrian Pariwisata dan BPKP tersebut kebetulan telah berada di Yogyakarta untuk kesempatan mudik dan menikmati acara libur lebaran Idul Fitri 1440 H,”terang Marlina melalui pesan Whats App.

Dalam upacara yang diselenggarakan dengan sederhana itu, Inspektur Upacara, Singgih Raharjo, membacakan teks pidato sambutan Plt Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono.

Haryono, mengatakan, Pancasila menyatukan kita semua sebagai bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

“Kesatuan pulau meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. Di wilayah Nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Secara antropologis dan sosiologis kebergaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman,”papar Hariyono.

Lebih lanjut, Hariyono, juga menyampaikan pesan Presiden RI, Ir. H Joko Widodo (Jokowi), bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksi momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen teerhadap ideologi Negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun keberagaman dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

“Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia,”pungkasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here