Home Pendidikan Dinas Kebudayaan DIY Gelar Pameran dan Karnaval Museum

Dinas Kebudayaan DIY Gelar Pameran dan Karnaval Museum

213
0
Meninjau stand pameran. Foto: Dok Barahmus DIY

BERNASNEWS.COM – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY menggelar Jogja Museum Expo (JME) berupa pameran dan karnaval yang digelar secara virtual  mulai Kamis 12 Agustus hingga 16 Agustus 2021 pukul 15.00-18.00 WIB. Jogja Museum Expo (JME) tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan HUT ke-50 Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY.

Acara pembukaan berlangsung secara luring di Gedung Pendhapa Art Space Jalan Ringroad Selatan, Bantul, Kamis 12 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB dan ditayangkan melalui website jogjamuseumexpo.com dan gregahmuseum.jogjaprov.go.id.

Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Sejarah Bahasa Sastra dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY Tri Agus Nugroho S.Sos MSc mengemukakan FMY mengusung tema Phalacitta (Inspirasi di Balik Koleksi) menyajikan pameran dari 38 Museum Anggota Barahmus DIY. Adapun  cara penyajiannya secara hybrid, yaitu koleksi riil ditata di dalam gedung namun kunjungannya secara virtual. Demikian juga  karnaval Performance Museum menampilkan kreasi dan potensi masing-masing museum, ditampilkan juga secara virtual.

Pembukaan Jogja Museum Expo (JME) secara luring di Gedung Pendhapa Art Space Jalan Ringroad Selatan, Bantul, Kamis 12 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB. Foto: Dok Barahmus DIY

Sementara Ketua Umum Panitia Festival Museum Yogyakarta Tahun 2021 GKR Bendara mengatakan, JME dengan tema Paracitta sebagai rangkaian peringatan HUT ke-50 Barahmus DIY. Karena masih dalam suasana  PPKM pandemi Covid-19 kita harus beradaptasi dengan mengadakan pameran koleksi 38 museum Anggota Barahmus melalui virtual tour yang dapat disaksikan dengan teknologi 360 di website: jogjamuseumexpo.com. 

Sedangkan Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY ikut memeriahkan peringatan ulang tahun emas Barahmus DIY dengan menyelenggarakan pameran dan karnaval secara virtual selama 6 hari.

‚ÄúSuatu kebahagian bagi keluarga besar Barahmus DIY, dalam memperingati HUT ke-50, panitia telah bekerjasama dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Dinas Kebudayaan DIY dan Dinas Pariwisata DIY,” kata Ki Bambang Widodo yang juga menjabat Ketua I Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Museum Indonesia (AMI) dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Sabtu (14/8/2021).

Ki Bambang Widodo mengatakan, rangkaian peringatan 50 Tahun Barahmus DIY yang diselenggarakan mulai tanggal 7 Agustus hingga 12 Oktober 2021, diharapkan menjadi pemicu dan pemacu semangat bagi insan permuseuman DIY untuk terus berkarya, pantang menyerah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Di samping itu pameran dan karnaval yang melibatkan 38 Museum Anggota Barahamus DIY dapat menjadi tontonan dan tuntunan bagi masyarakat dan menjadi wahana memperkuat pendidikan karakter bagi generasi milenial.

Sebelum membuka JME, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi SS MA mengatakan, museum merupakan salah satu lembaga yang memiliki peran besar dalam melindungi dan memanfaatkan koleksi semua benda bukti material hasil budaya manusia, alam dan lingkungannya, yang mempunyai nilai bagi pembinaan dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan teknologi serta kebudayaan.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa museum menjadi sarana komunikasi untuk menjembatani masa lalu dengan masa kini, kemudian diharapkan dapat merefleksikan masa depan,” kata Lakshmi Pratiwi.

Dikatakan, JME merupakan salah satu usaha untuk menjalin silaturahmi dan bertukar informasi terkait perkembangan museum di DIY. Di samping itu, menjadi pijakan semangat untuk menciptakan suasana kebersamaan, gotong-royong dan solidaritas sebagai suatu keluarga besar museum sesuai dengan semangat HUT ke-50 Barahmus DIY.

Pembukaan JME ditandai pemukulan Bendhe oleh Dian Lakshmi Pratiwi, meninjau keliling stand, diakhiri talkshow dengan nara sumber Kurator Pameran Sektiadi SS MA (Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan Barahmus DIY/Dosen FIB UGM) dan Dr Djaliati Sri Nugrahani (Kepala Museum UGM) tentang perkembangan permuseuman DIY. (lip)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here