Home Pendidikan Diharapkan Lahir Penulis Baru dari SMA Negeri 4 Yogyakarta

Diharapkan Lahir Penulis Baru dari SMA Negeri 4 Yogyakarta

230
0
Para peserta Workshop Jurnalistik SMA Negeri 4 Yogyakarta foto bersama narasumber Pegiat Literasi YB Margantoro di sekolah setempat, Sabtu (13/11/2021). Foto : Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWSCOM – Kepala SMA Negeri 4 Yogyakarta Jaka Tumurana MPd berharap Workshop Jurnalistik yang diselenggarakan Tim Jurnalistik De Journey Patbhe dapat melahirkan penulis baru dari sekolah ini. Untuk itu, kepada para siswa peserta yang mengikuti workshop selama dua hari dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya agar memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi siswa.

“Saya atas nama sekolah sangat mengapresiasi kepada OSIS SMA Negeri 4 Yogyakarta, melalui Tim Jurnalistik De Journey Patbhe, yang dapat menyelenggarakan program workshop jurnalistik di tengah kondisi pandemi Covid 19. Yang penting jaga kesehatan diri sendiri dan sesama teman karena pandemi belum usai. Melalui kegiatan ini, saya sangat berharap para siswa dapat belajar dan berkarya di bidang jurnalistik. Ke depan, kita programkan workshop semacam ini dapat diselenggarakan secara rutin agar siswa dapat bertambah ilmu, wawasan dan keterampilan di bidang kepenulisan,” kata Jaka Tumurana saat membuka workshop jurnalistik yang diikuti 80-an siswa SMA Negeri 4 Yogyakarta di sekolah setempat, Sabtu (13/11/2021).

Sebagian guru dan siswa peserta pembukaan Workshop Jurnalistik SMA Negeri 4 Yogyakarta di sekolah setempat, Sabtu (13/11/2021). Foto : YB Margantoro

Tampil sebagai pembicara Pegiat Literasi YB Margantoro serta dua orang praktisi fotografi dan desain grafis dari sebuah lembaga pendidikan. Para narasumber selain memberikan materi sesuai bidang masing-masing, juga memberikan praktek menulis dan dialog.

Dalam sesi menulis di workshop, siswi klas XI MIPA 5 Maria Ciyanta Yaras Rafael berpendapat, literasi sekolah sangat bagus dan bermanfaat bagi siswa. Dengan rajin membaca, para siswa akan tertarik mencari hal-hal baru yang belum diketahui di perpustakaan.

Kepala SMA Negeri 4 Yogyakarta Jaka Tumurana MPd (kiri) yang didampingi Wakil Kepala Kurikulum Drs Agus Riyono (kedua dari kiri) bersama narasumber pada pembukaan Workshop Jurnalistik The Journey Patbhe, di SMA Negeri 4 Yogyakarta, Jalan Magelang, Karangwaru Lor, Yogyakarta, Sabtu (13/11/2021). (Foto : Kiriman YB Margantoro).

Siswi kelas XI IPS 2 Jihan Kamilah juga sependapat pentingnya mempelajari dan mempraktekkan literasi sekolah untuk pengembangan diri. Untuk menuju ke sana, syaratnya adalah rajin membaca.

Sementara Guru Bahasa Indonesia Dra C Endang Purwantiningsih bergembira karena anak didiknya memiliki inisiatif menyelenggarakan workshop jurnalistik untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Para peserta workshop ini sepakat untuk menulis bersama karya refleksi sebagai ungkapan terima kepada guru di Hari Guru Nasional 2021.

“Ke depan, kami akan mengadakan kegiatan seperti ini untuk bapak ibu guru agar kami juga memilki kompetensi kepenulisan,” kata dia. (*/lip)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here