Home Pendidikan Dies Natalis Pertama, FST UWM Berorientasi Kualitas Mutu dan Indikator Kinerja Utama

Dies Natalis Pertama, FST UWM Berorientasi Kualitas Mutu dan Indikator Kinerja Utama

127
0
Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Lembaga pendidikan harus berorientasi pada kualitas mutu dan Indikator Kinerja Utama (IKU). Aspek publikasi dan marketing juga menjadi penting dalam mewujudkan cita-cita, tentu saja melalui tata kelola perguruan tinggi baik pada level universitas maupun fakultas.

Hal tersebut disampaikan Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) pada sambutan acara Rapat Senat Terbuka Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UWM dalam rangka Dies Natalis Pertama, Rabu (17/2/2021), secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara diikuti pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Small is beautiful, but bigger is better. FST harus berupaya menjadi lebih besar dari saat ini. Tata kelola yang baik pada lembaga tergantung pada kepemimpinan yang kompeten, mampu mempengaruhi yang lain, berintegritas dan memiliki komitmen,” ungkap Prof Edy. 

Menurutnya, pimpinan harus mampu memberikan stimulus kepada sivitas terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Keteladanan seorang pimpinan menjadi pilar penting dalam mewujudkan cita-cita perguruan tinggi dengan memiliki management skill, academic skill, skill of thinking, dan communication skills.

“Di samping mengawal kinerja akademik dan norma akademik, marketing harus ditingkatkan sehingga semua prodi menjadi salesman untuk menjaring mahasiswa,” tutur Pakar Ekonomi itu sembari menegaskan agar semua sivitas akademika di fakultas bekerjasama dalam meningkatkan IKU, klasterisasi, akreditasi, dan jumlah mahasiswa.

Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, MP Dekan FST dalam pemaparan laporan tahunan mengatakan, untuk menjamin mutu dan keberlanjutan kegiatan akademik, FST telah mempersiapkan Peraturan Akademik fakultas. Penyesuaian kurikulum juga telah dilaksanakan prodi di FST, guna menyesuaikan dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan serta merespon kebutuhan kerja.

“Kedepan, kami akan mengutamakan kegiatan yang dilakukan mengarah pada pencapaian indikator kinerja utama,” papar Prof Ambar.

Sementara itu, lanjut Dekan FST, dari aspek kemahasiswaan, di tengah pandemi Covid-19 kegiatan tetap dilaksanakan baik secara individu maupun kelompok di antaranya webinar, kompetisi poster, kompetisi karya tulis ilmiah, pembuatan artikel, video dan foto serta keaktifan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here