Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanDies Natalis ke-60 Pendikkat USD, Berjalan Bersama Untuk Bersaksi

Dies Natalis ke-60 Pendikkat USD, Berjalan Bersama Untuk Bersaksi

bernasnews.com – Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik (Pendikkat) Universitas Sanata Darma Yogyakarta (USD), akan merayakan Dies Natalis (HUT) yang ke-60 dengan serangkaian kegiatan.  

Dies Natalis Pendikkat USD kali ini mengambil tema Berjalan Bersama Untuk Bersaksi.       

Ketua Panitia Aurea Retno Dewanti SFK menjelaskan, latar belakang dimunculkannya tema tersebut karena perayaan Dies Natalis ke-60 ini berlangsung dalam situasi perubahan akibat pandemi Covid-19 maupun kemajuan teknologi informasi yang menyebabkan gelombang banjir informasi yang tak terbendung. Situasi ini pada akhirnya mempengaruhi seluruh sendi kehidupan manusia, mempengaruhi cara berpikir dan bertindak kita.

“Maka, tema perubahan menjadi sesuatu yang aktual untuk menjadi bahan aksi dan refleksi kita saat ini,” ujar Guru Pendidikan Agama Katolik SMA PL Yogyakrta ini.

Selain itu penyelenggara melihat bagaimana almamater (Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik USD) sebagai bagian dari gereja semesta diajak untuk terus seperasaan dengan gereja. Maka seruan keprihatinan gereja dewasa ini berkaitan dengan lingkungan hidup (Laudato Si), berkaitan dengan keluarga  (Amoris Laetitia), berkaitan dengan orang muda (Cristus Vivit) juga harus menjadi perhatian mereka yang pernah mengenyam di lembaga ini.

Kampus V Prodi Pendikkat-USD yang beralamat di Jalan Admad Jazuli Yogyakarta ini, sampai sekarang masih eksis dan jaya. Tiap tahun prodi ini menjadi jurusan favorit bagi mahasiswa yang datang dari berbagai pelosok Nusantara di Indonesia.

Pendikkat USD lahir 1960 dengan tujuan mencetak tenaga katekis (baca: guru agama). Lembaga ini didirikan oleh P Heselaars SJ sebagai Pusat Kateketik Indonesia. Tanggal 1 Agustus 1962, Yayasan Akademi Kateketik Katolik Indonesia (AKKI) didirikan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi kateketik. Dalam perkembangannya, setelah pindah ke Jalan Abubakar Ali Yogyakarta, berganti nama menjadi AKKI dan berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Filsafat Kateketik (STFK) Pradnyawidya seiring dimulainya program studi S-1.

Tanggal 14 Februari 1995, berlangsung merger dengan Universitas Sanata Dharma, sehingga berubah menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan Agama (FIPA), dan empat tahun kemudian berubah menjadi program studi “Ilmu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik” (IPPAK) dan menjadi bagian FKIP USD.

Akhirnya, setelah mendapat akreditasi, dengan peringkat A, tanggal 27 September 2019 berubah menjadi Pendidikan Keagamaan Katolik (Pendikkat) hingga sekarang. Jumlah alumni dari lembaga ini tercatat sebanyak 1.100 guru agama.

Agenda untuk Alumni

Dies Natalis ini sudah dirancang oleh panitia sedemikian rupa agar para alumni bisa hadir dan menyaksikan secara langsung maupun lewat online. Agenda tersebut : Rekoleksi sehari dengan tema “Berjalan Bersama untuk Bersaksi” (29/7) pukul 08.00 tempat kampus secara hybrid, Seminar Nasional (30/7) pukul 08.00 di Auditorium Kampus secara hybrid dengan target peserta: 400 alumni, Nostalgia Angkringan Alumni  atau Temu Kangen (30/7) pukul 17.00-21.00, tempat di stand-stand kampus, Temu Alumni Lintas Angkatan sekaligus pembentukan pengurus angkatan (31/7) pukul 08.00 – 11.00 di Auditorium Kampus secara hybrid dan Misa Syukur (31/7) pukul 11.30 tempat Auditorium Kampus secara hybrid. (Br Flavianus Ngardi MTB, Sie Publikasi, Alumni 2002)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments