Home News Dies Natalis Ke-27: “Pengukuhan Guru Besar Universitas AMIKOM Yogyakarta”

Dies Natalis Ke-27: “Pengukuhan Guru Besar Universitas AMIKOM Yogyakarta”

79
0
Universitas AMIKOM Yogyakarta menyelenggarakan acara Dies Natalis ke 27 dan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Kusrini M.Kom, Senin (11/10/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Universitas AMIKOM Yogyakarta menyelenggarakan acara Dies Natalis ke 27 dan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Kusrini M.Kom, Senin (11/10/2021). Acara ini berlangsung secara daring dan luring. Kegiatan luring berlangsung di ruang cinema Universitas AMIKOM Yogyakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan untuk dapat menyaksikan secara daring, bagi tamu undangan dapat dilakukan dengan memasuki zoom meeting dan bagi khalayak umum dapat menyaksikan siaran langsung melalui kanal youtube @amikomjogja.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan Sidang Senat oleh Prof. Dr. M. Suyanto, MM selaku Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, dilanjutkan dengan laporan ketua Dies Natalis yang disampaikan oleh Satya Abdul H. B, S. Kom . Sambutan dalam acara ini dibacakan oleh Prof. Dr. M. Suyanto, M.M selaku Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Ir. Rum M.Andri, KR.M.Kom selaku Ketua Yayasan AMIKOM Yogyakarta.

Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof. Dr. M. Suyanto, MM saat menyampaikan sambutan dalam sidang senat terbuka acara Dies Natalis Ke-27 Universitas AMIKOM Yogyakarta, Senin (11/10/2021). Foto: Istimewa.

Dalam sambutan tersebut, Prof. Dr. M. Suyanto, MM menjelaskan, berbagai prestasi yang telah diperoleh  Universitas AMIKOM Yogyakarta. Salah satunya, adalah pada tahun ini Universitas AMIKOM Yogyakarta  merilis sebuah film yang bekerjasama dengan infinite Framework, Studio Filipinna, dan juga HBO Warner Bross, yang masuk ke dalam TOP 20 prediksi OSCAR.

“Berharap karya baru Universitas AMIKOM Yogyakarta dapat bersaing untuk masuk ke nominasi OSCAR. Juga mempunyai misi bahwa pada tahun 2021 Universitas AMIKOM Yogyakarta bisa memiliki 4 Guru Besar,” ungkap Prof. Suyanto, dengan penuh harap.

Acara utama prosesi seremonial Dies Natalis dilakukan secara digital, diikuti dengan  Sidang Senat Pengukuhan Guru Besar, diawali dengan penayangan video profil Prof. Dr. Kusrini M.Kom, dan dilanjutkan dengan pengalungan Samir Guru Besar oleh Prof. Dr. M. Suyanto, MM, kepada Prof. Dr. Kusrini MKom.

Dalam penayangan video profil, disebutkan bahwa Prof. Dr. Kusrini MKom bergabung dengan AMIKOM sejak tahun 2003. Dalam perjalanannya meniti karir, Prof Kusrini memutuskan untuk mengambil studi S2 dan S3 dI Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof. Dr. M. Suyanto, MM mengalungkan samir sebaga Samir Guru kepada Prof. Dr. Kusrini, MKom. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, perjalanan karirnya, Prof. Dr. Kusrini, MKom dalam aktif berkarya diantaranya, aktif menulis buku, mengikuti berbagai hibah penelitian dan memiliki berbagai karya cipta. Selain itu, beliau juga mendapatkan berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional.

Beberapa penghargaan yang diterimanya, adalah penghargaan sebagai Rorld Class Professor Program 2019 dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, penghargaan Teaching  Mobility Program 2018 dari Erasmus+. Juga penghargaan sebagai peraih gelar Doktoral tercepat dan termuda dari Universita Gajah Mada Yogyakarta pada tahun 2010. Melalui berbagai prestasi yang telah ditorehkan, pada 1 Juli 2021 beliau memperoleh SK Guru Besar dalam bidang Ilmu Komputer, dan berhasil menjadi Guru Besar ke-4 Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Dalam Sidang Senat Pengukuhan Guru Besar disampaikan orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Kusrini M.Kom dengan judul ‘Aplikasi Artificial Intellegence untuk Membantu Kesejahteraan Masyarakat’. Orasi ilmiah disampaikan mengenai aplikasi yang beliau kembangkan, yaitu aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efektifitas budidaya mangga.

“Melalui aplikasi ini dapat diketahui hama apa saja yang bisa mengancam budidaya mangga dan bagaimana pencegahannya,” beber Prof Kusrini. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here