Home Pendidikan Dieng Kledung Pass Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Perhotelan

Dieng Kledung Pass Meningkatkan Kompetensi Siswa di Bidang Perhotelan

529
0
Sejumlah siswa/siswi SMK Wiratama 45.2 Wonosobo, Jawa Tengah bersama guru dan karyawan Dieng Kledung Pass Hotel Wonosobo, Jawan Tengah foto bersama di Dieng Kledung Pass Hotel Wonosobo, Jawan Tengah. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik di bidang perhotelan, SMK Wiratama 45.2 Wonosobo, Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Dieng Kledung Pass Hotel Wonosobo. Kerja sama yang terjalin sejak tahun 2016 antara lain dalam bentuk memberi kesempatan siswa program keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Wiratama 45.2 Wonosobo untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan kunjungan industri di Dieng Kledung Pass Hotel Wonosobo.

Selain kegiatan PKL, ada juga kegiatan kunjungan industri sebagai agenda kegiatan masa orientasi siswa baru (MOS) yang bertujuan untuk mengamati dan memperkenalkan hotel beserta fasilitasnya bagi siswa baru khususnya program keahlian Akomodasi Perhotelan.

Menurut Eunike Martanti, Owner Representative Dieng Kledung Pass Hotel Wonosobo, dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Rabu (18/3/2020), PKL tersebut merupakan suatu bentuk kegiatan yang biasa dilakukan siswa/siswi SMK untuk memperoleh pengalaman di lingkungan kerja secara langsung.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa-siswi dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu dasar yang diajarkan serta mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang mungkin tidak diperoleh di sekolah,” kata Eunike.

Dikatakan, SMK Wiratama 45.2 Wonosobo mengirim beberapa siswa ke Dieng Kledung Pass Hotel untuk melaksanakan kegiatan PKL yang dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan. Dalam kegiatan itu, peserta PKL diperkenankan untuk mengamati dan melakukan setiap aktivitas yang biasa dilakukan di Dieng Kledung Pass Hotel.

Hal pertama yang disampaikan kepada peserta tentu adalah perkenalan lingkungan hotel, dengan harapan peserta PKL tidak akan menemui kesulitan selama kegiatan PKL berlangsung. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang mereka dapat di sekolah, meskipun peserta mampu melakukan dengan baik sesuai apa yang dipelajari, namun karyawan hotel tidak segan untuk membimbing peserta agar lebih terampil.

Dieng Kledung Pass Hotel juga mengizinkan peserta untuk belajarĀ Food and Beverage di Dieng Kledung Restaurant.Hal tersebut diharapkan bisa memberi pengalaman baru bagi peserta.

Menurut Eunike, kesediaan menerima peserta PKL merupakan bentuk sumbangsih perusahaan untuk turut memajukan pembangunan dunia pendidikan. Selain itu melalui kegiatan PKL perusahaan bisa menjaring sumber daya manusia (SDM) baru yang berkompeten.

“Masa PKL bisa dijadikan percobaan bagi SDM baru. Jadi jika peserta PKL dapat melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik dan handal, tidak menutup kemungkinan peserta tersebut menjadi bagian perusahaan dengan menawarkan posisi baik part time maupun full time saat siswa tersebut telah selesai menjalankan masa studi,” kata Eunike. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here