Home News Dieng Kledung Pass Hotel Raih Sertifikasi Sebagai Hotel Berbintang

Dieng Kledung Pass Hotel Raih Sertifikasi Sebagai Hotel Berbintang

422
0
Dieng Kledung Pass Hotel, Jalan Raya Parakan - Wonosobo Km 17, Wonosobo, Jawa Tengah. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dieng Kledung Pass Hotel terletak di kawasan titik puncak perjalanan Temanggung – Wonosobo dan Dieng, dengan pemandangan panorama gunung Sumbing dan Sindoro atau tepatnya di Jalan Raya Parakan – Wonosobo Km 17, Wonosobo, Jawa Tengah.

Lokasi hotel yang dikelilingi hamparan tanaman tembakau, merupakan kawasan yang sejuk dengan aliran angin lembah yang membuat nuansa menjadi segar. Sangat cocok untuk transit melepas lelah sambil minikmati kopi khas atau kuliner sup buntut hasil resep turun temurun yang sangat istimewa di Dieng Kledung Pass Restaurant bagian dari fasilitas hotel itu.

Lanskap Hotel Dieng Kledung Pass Wonosobo difoto dari atas. (Foto: Dok. Pribadi Nike)

Sertifikasi sebagai hotel berbintang baru saja diperoleh oleh Hotel Dieng Kledung Pass Wonosobo melalui Lembaga Sertifikasi (LS) PT. Bhakti Mandiri Wisata Indonesia. Sertifikasi diserahkan langsung oleh Direktur LS PT. Bhakti Mandiri Wisata Indonesia Hairullah Gazali, SE MBA dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH MEd.

“Dengan disandangnya Hotel Dieng Kledung Pass sebagai hotel berbintang satu, kami berkomitmen terus untuk maju dan memberikan pelayanan terbaiknya bagi para tamu. Termasuk dalam melaksnakan protokol kesehatan untuk kenyaman bersama,” ungkap Eunike Martanti selaku Owner Representative kepada Bernasnews.com, Jumat (13/11/2020).

Direktur LS PT. Bhakti Mandiri Wisata Indonesia Hairullah Gazali, SE MBA menyerahkan sertifikat sebagai hotel bintang satu kepada Eunike Martanti selaku Owner Respresentative Hotel Dieng Kledung Pass, Wonosobo. (Foto: Dok. Pribadi Nike)

Menurut Nike sapaan akrab Eunike Martanti, Hotel Dieng Kledung Pass yang memiliki 40 kamar standard dan garden dengan kenyamanan dan kesejukan ini awalnya adalah hotel dengan kategori melati. Seiring perkembangannya,  hotel ini mulai berbenah dan melengkapi standarnya sesuai dengan kategori sebagai hotel berbintang.

Pendiri dan sekaligus pemilik Hotel Dieng Kledung Pass adalah Lukas Agus Tugianto yang juga tokoh pariwisata di Wonosobo. Perjuangan awalnya melalui membuka  usaha restoran Dieng yang kecil di Wonosobo, dekat terminal bis umum (sekarang jadi taman Plaza Wonosobo). Usaha ini merupakan usaha turun temurun keluarga yang dilanjutkan ke Agus dan isterinya waktu itu.

“Setelah berpindah di jalan Angkatan 45 Wonosobo. Kemudian restoran Dieng mulai mengembangkan usahanya dengan membuka cabang dan membuka usaha Dieng Kledung Pass Restaurant di area km 17 Kledung Pass Wonosobo,” papar Nike.

Secara perlahan, lanjut Nike, Lukas Agus Tugianto memberanikan diri membuka usaha hotel di belakang Kledung Pass Restaurant tersebut. “Awalnya hanya mendirikan satu bangunan untuk kamar-kamar standard. Kemudian berkembang, bertambah juga dengan kamar-kamar di area taman sekitarnya,” terang Nike.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH MEd menyerahkan sertifikat sebagai hotel bintang satu kepada Eunike Martanti selaku Owner Respresentative Hotel Dieng Kledung Pass, Wonosobo. (Foto: Dok. Pribadi Nike)

Lukas Agus Tugianto menambahkan, bahwa saat itu dia tidak berpikiran membangun hotel berbintang. “Saya senang saja untuk ikut mendukung pariwisata di Wonosobo khususnya. Desain kamar saya buat sendiri dengan luas 23 meter persegi, dengan pintu lemari spesial yang sekaligus sebagai pintu kamar mandi. Banyak orang tidak menduga keunikan alamari yang merangkap sebagai pintu tersebut,” ungkap bapak yang humble itu.

Pribadi Agus yang sederhana, ramah,  dan suka mendongeng khususnya tentang legenda dan sejarah Dieng Plateau membuat para wisatawan baik dalam maupun luar negeri mencarinya. Buku-buku tentang wisata dari luar negeri pun banyak yang menulis tentang kiprahnya, termasuk media ini kala masih berbentuk media cetak koran harian.

Salah satu lokasi kamar yang ada di sekitar bangunan induk Hotel Dieng Kledung Pass, Wonosobo. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Di warung Dieng yang saat itu merupakan sebuah resto kecil, Agus juga memberi panduan dengan menggambar peta Dieng secara sederhana bagi wisatawan yang ingin ke Dieng. Saat itu belum banyak pusat informasi wisata maupun media pariwisata seperti sekarang ini. Hingga kini masih banyak wisatawan dari manca maupun dalam negeri yang terkesan atas perannya.

“Kalaupun sekarang hotel membutuhkan fasilitas yang lebih lengkap dan sertifikasi yang perlu dilakukan. Selanjutnya akan diatur oleh Owner Representative, anak saya Eunike Martanti. Dia yang akan melanjutkan membangun Dieng Kledung Pass dengan segala kelengkapan dan kenyamanan bagi para tamu yang akan menginap atau menggunakan fasilitas hotel tersebut,” pungkas Agus. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here