Home News Dianggap Sudah Usang, UU Sisdiknas Perlu Direvisi

Dianggap Sudah Usang, UU Sisdiknas Perlu Direvisi

597
0
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil DIY MY Esti Wijayati. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Pada tahun 2020 ini, DPR RI dan Pemerintah telah menyepakati RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas. Hal ini dilakukan karena UU Nomor 202 tahun 2003 tentang Sisdiknas dinilai sudah usang sehingga perlu direvisi.

Karena itu, pada kesempatan Reses kali ini Anggota DPR RI dari Dapil DIY MY Esti Wijayati akan melakukan sosialisasi UU No 20 tahun 2003 dengan tema Kajian, Analisis dan Evaluasi UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sosialisasi akan diikuti guru, dosen dan para pemerhati pendidikan di DIY.

Kegiatan sosialisasi akan dilakukan di Ruang Sasana Wiyata Lantai 2 Kantor Disdikpora DIY, Jalan Cendana Yogyakarta, Jumat (13/3/2020) dengan narasumber Dr Inosensius Samsul SH M.Hum, Kepala Pusat Perencanaan Undang-Undang DPR RI.

Dalam rilis yang diterima Bernasnews.com, Kamis (12/3/2020), dari Tenaga Ahli MY Esti Wijayati, Agus Budiarto, disebutkan beberapa alasan UU Sisdiknas perlu didorong untuk direvisi. Pertama, UU Sisdiknas yang ada sekarang dianggap sudah usang dan sudah tidak sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dewasa ini.

Misalnya, era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini menuntut dunai pendidikan untuk dengan cepat pula menanggapi perkembangan dunia digitalisasi tersebut. Kedua, munculnya desakan berbagai masyarakat, khususnya para guru dan dosen serta para pemerhati pendidikan, agar UU Sisdiknas bisa menyesuaikan atau mengakomodir UU Guru dan Dosen serta UU lainnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here