Home Pariwisata Di Telaga Sarangan Magetan, Wisatawan Bisa Bergaya Ala James Bond

Di Telaga Sarangan Magetan, Wisatawan Bisa Bergaya Ala James Bond

901
0
Wahana Speedboat Obyek Wisata Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Isi liburan akhir tahun dan cuti bersama Desember 2020 berwisata di Telaga Sarangan, anda dapat bergaya ala adegan James Bond dalam squel filmnya. Telaga Sarangan terletak di terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (MDPL) mempunyai luas berkisar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Suhu antara 15-20 Celsius, menambah kesejukan pmandangan dan hamparan telaga yang juga disebut oleh masyarakat setempat sebagai Telaga Pasir. Untuk menikmatinya keliling telaga, wisatawan bisa menyewa speedboat ataupun kuda.

Dermaga speedboat di Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Biaya untuk naik kuda dan speedboat tertera jelas pada papan yang dipasang oleh pengelola obyek wisata sehingga wisatawan pun dapat mengukur sesuai tebalnya kocek. Namung nggak usah khawatir meskipun tarif atau biaya telah dipatok resmi, masih terbuka peluang untuk tawar menawar apabila wisatawan ingin berlama-lama berputar keliling telaga.

Bagi yang punya nyali dan ingin naik speedboad meliuk-meliuk bak adegan James Bond dalam film atau sekadar menikmati telaga keliling dengan syahdu, semua itu bisa dipesan pada driver speedboat yang rata-rata telah memilki jam terbang dalam menekuni profesinya. Untuk naik kuda sewaan perlu berhati-hati apabila tanpa pemandu, sebab jalan jalur kuda ada yang jadi satu dengan lalulintas umum.

Salah satu adegan yang dilakukan oleh driver speedboat Telaga Sarangan yang ahli dan telah berpengalaman berputar secara mendadak bak eksen film James Bond. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Menuju obyek wisata Telaga Sarangan ada dua jalur yang dapat ditempuh oleh wisatawan, pertama melalui jalan arah dari Surakarta menuju Madiun, Jawa Timur. Jalan ini lumayan landai namun cukup padat, terlebih masa-masa liburan.

Jalur kedua, melalui Surakarta langsung melalui Kabupaten Karanganyar, jalan aspal cukup halus banyak tanjakan dan tikungan tajam, jarak tempuh lebih pendek berkisar 60 kilometer. Hanya direkomendasi untuk kendaraan baik mobil atau motor yang benar-benar prima tenaganya, lampu, serta remnya. Selain berliku dan menanjak, juga sering turun kabut.

Pangkalan kuda sewaan dan papan tarif sewa speboat di pinggiran Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Melintasi jalur kedua ini wisatawan akan banyak disuguhi keindahan lereng Gunug Lawu dari berbagai sudut. Selain bisa mampir ke obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Memasuki wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, di jalur ini juga bermunculan obyek-obyek wisata baru yang perlu dicoba dikunjungi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here