Home News Di Jogja Belum Ditemukan Kasus Transmisi Lokal Covid-19

Di Jogja Belum Ditemukan Kasus Transmisi Lokal Covid-19

439
0
Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Dari hasil analisa data-data dan sebaran kasus positif, PDP dan ODP Covid-19 di Kota Yogyakarta hingga saatini, Kamis (23/4/2020), belum ditemukan kasus transmisi lokal. Artinya, sebaran pada keluarga dari maupun pada pemudik masih pada generasi sebaran kedua. Karena hanya ada di lingkungan keluarga dan dugaan penyebab kasusnya masih bisa dideteksi.

“Transmisi lokal terjadi pada generasi sebaran ketiga, ketika sudah keluar dari keluarga dan bisa jadi dugaan penyebab kasus adalah tidak bisa dideteksi,” kata Drs Heroe Poerwadi MA, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta kepada Bernasnews.com, Kamis (23/4/2020) malam.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta ini, pada Kamis (23/4/2020), jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Yogyakarta ada 7 orang atau ada penambahan satu kasus dari sehari sebelumnya yang berjumlah 6 kasus positif.

Ketujuh kasus positif Covid-19 tersebut adalah dua dari keluarga dokter yang tertular dari suami yang pulang kerja dari Jakarta. “Hari ini hasil swab anaknya yang perempuan positif. Sedangkan istrinya dua kali tes hasilnya negatif dan boleh pulang dengan status ODP,” kata Heroe Poerwadi.

Kemudian, 3 pasien dari keluarga dokter dan isteri maupun anaknya tertular pasien di rumah sakit. Sementara 2 dari keluarga suami isteri yang pulang mudik dari Jakarta pada minggu akhir Maret lalu. Isterinya dinyatakan positif di awal April, dan suaminya dinyatakan positif pertengahan April. Sedangkan ketiga anaknya, yang bersama-sama mudik ke Jogja hasilnya masih negatif. Begitu juga keluarga besarnya, 10 orang juga masih negatif.

“Dengan demikian ketujuh pasien ini berasal dari 3 keluarga. Sedangkan yang ODP ada 68 orang dan PDP ada 10 orang atau cenderung turun,” kata Heroe Poerwadi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here