Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPariwisataDewis Sleman Menggeliat, Mulai Kedatangan Tamu Kelompok Kecil hingga Rombongan

Dewis Sleman Menggeliat, Mulai Kedatangan Tamu Kelompok Kecil hingga Rombongan

bernasnews.com – Sehubungan dengan adanya kebijakan kelonggaran dalam pelaksanaan protokol kesehatan (prokes), serta libur lebaran sehingga berdampak pada kenaikan kunjungan wisatawan terlihat pulih di beberapa destinasi wisata Kabupaten Sleman.

Kekinian giliran beberapa desa wisata (dewis) di Kabupaten Sleman, selama liburan dalam minggu ini tampak mulai pulih kunjungan wisatawannya seperti sebelum adanya pandemi dua tahun lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. Suparmono, MM mengungkapkan, bahwa dalam monitoring yang dilakukan pada beberapa desa wisata menemukan diantaranya desa wisata sudah menerima tamu dengan jumlah yang cukup besar. Menurutnya, ada beberapa dewis yang sebelumnya belum pernah ada kunjungan, kekinian terlihat juga sudah kedatangan tamu kelompok-kelompok kecil.

Pengelola Desa Wisata (Dewis) Sukunan memberikan sambutan selamat datang pada sekelompok pemuda yang berkunjung. (Foto: Istimewa)

“Walaupun sudah mulai beraktivitas menerima tamu, pengelola wisataharus tetap menerapkan prokes secara proporsional, serta memperhatikan daya tampung dan layanan desa wisata. Juga mengenakan masker saat berada dalam ruangan,” kata Pram, sapaan akrab Suparmono, Minggu (29/5/2022).

Pihaknya juga terus mendorong masing-masing desa wisata untuk mempunyai keunikan dan ciri khasnya sendiri-sendiri dalam memberikan layanan dan atraksi kepada tamu-tamunya.

Disinggung soal adanya aduan layanan wisata di daerah Cangkringan melalui media sosial yang terjadi pada hari libur kemarin, Suparmono menjelaskan, bahwa kasus tersebut sudah ditangani oleh aparat yang berwenang agar efektif memberikan efek jera.

“Karena secara pembinaan sudah terus dilakukan, tetapi kesalahan masih terulang kembali,” tegas Suparmono yang juga pernah menjadi Camat Cangkringan itu.

Grojogan atau dam aliran sungai dengan airnya yang masih jernis menjadi sebuah keunikan yang ada di Dawis Kabupaten Sleman. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Usaha Pariwisata Nyoman Rai Savitri menjelaskan, saat libur sebelumnya baru beberapa desa wisata yang banjir pesanan seperti Dewis Pulesari, Dewis Pentingsari, Dewis Garongan, Dewis Grogol, Dewis Rumah Dome, dan Dewa Bromo.

“Libur saat ini sudah mulai lebih merata lagi, diikuti oleh Dewis Pancoh dan Lembah Sempor dengan kunjungan wisatawan sejumlah 250an wisatawan. Dewis Kampung Satwa Moyudan, Dewis Tanjung Sleman dan Dewis Sukunan Gamping dengan kunjungan lebih dari 150an wisatawan, dan beberapa diantaranya mengambil paket live in atau menginap,” beber Nyoman Rai Savitri.

Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas SDM dan Kelembagaan Muhari menambahkan, beberapa desa wisata sudah menambah atraksinya. Seperti halnya Dewis Pancoh sudah menambah layanan tempat makan dan paket jelajah wisata pedesaan menggunakan kendaraan VW Safari.

“Dewis Garongan juga menambah unit layanan tempat ngopi dan bersantai untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan,”pungkas Muhari. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments