Home Pariwisata Desa Wisata Lencoh Selo Ramai Dikunjungi Wisatawan

Desa Wisata Lencoh Selo Ramai Dikunjungi Wisatawan

371
0

BERNASNEWS.COM – Meski baru dibangun pada Maret 2021, Desa Wisata Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupate Boyolali terus menggeliat. Setiap hari, terutama pada hari Sabtu dan Minggu, ratusan wistawan berkunjung ke obyek wisata yang berada di tepi jalan sekitar 5 kilometer sebelum kota kecamatan Selo dari arah Sawangan, Kabupaten Magelang itu.

Para wisatawan menikmati panorama alam yang indah nan sejuk bahkan dingin dengan suhu udara 17 derajat celcius pada sore hingga malam hari itu. Lokasi Desa Wisata Lencoh yang berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi itu membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan ini.

Desa Wisata Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Sabtu 30 Oktober 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Bagio, warga Lencoh yang ikut terlibat mengelola desa wisata itu, setap harus Sabtu dan hari-hari libur banyak rombongan wisatawan, terutama keluarga, yang berkunjung bahkan menginap di tempat itu. Dengan menyewa tenda dengan harga Rp 40.000 untuk tenda kecil dan Rp 60.000 tenda besar yang disediakan pengelola, rombongan keluarga menginap di alam terbuka berselimut kabut tebal pada pagi dan sore hingga malam hari.

“Ini seperti tempat camping keluarga karena hampir setiap malam, terutama pada malam Minggu dan malam hari libur lainnya, banyak keluarga yang menginap di sini di alam terbuka menggunakan tenda. Ada yang menyewa tenda plus paket makan, ada pula yang bawa bekal sendiri atau masak-masak sendiri,” kata Bagio yang ditemui Bernasnews.com di Desa Wisata Lencoh, Sabtu 30 Oktober 2021 sore.

Tempat parkir dipadati mobil wisatawan Desa Wisata Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Sabtu 30 Oktober 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Di luar sewa tenda, menurut Bagio, pengelola juga menyediakan paket makan dengan harga Rp 15.000 per orang sekali makan dan jenis menu bisa pilih sendiri sesuai selera. Sementara mereka yang tidak menginap cukup membyr sewa parkir kendaraan dengan tarif yang sangat murah.

Bagi mereka yang tak kuat menahan dingin tidur di tenda, di tempat itu ada tempat penginapan seperti Homestaya Gardu Pandang dengan tarif yang juga relatif sangat terjangkau.

Pemandangan Gunung Merapi pada sore hari dari Desa Wisata Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Sabtu 30 Oktober 2021. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Menurut Bagio, Desa Wisata Lencoh yang dikelola pemerintah Desa Lencoh melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Berkah Usaha” membangun obyek wisata itu mulai Maret 2021. Hal ini dilakukan setelah melihat banyak oang yang selalu berhenti di tepi jalan di lokasi itu untuk sekadar berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi di bagian Barat dan Gunung Merbabu di bagian Timur. Apalagi bila cuaca cerah Gunung Merapi dan Merbabu tampak indah. Sementara pada sore hari wistawan bisa melihat dengan jelas matahari terbenam di ufuk Barat.

Untuk menuju Desa Wisata Lencoh bisa melalui Sawangan, Magelang arah Ketep Pass. Dari pertigaan Ketep Pass ambil jalur kanan arah Boyolali dan hingga gapura Desa Selo ambil jalur kanan, sementara di jalur kiri menuju Tol Kahyangan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here