Home News Desa Wisata Karangsambung Mewakili Kebumen di Gelar Wisata Jateng 2021

Desa Wisata Karangsambung Mewakili Kebumen di Gelar Wisata Jateng 2021

215
0
Seorang wisatawan mengendarai motor ATV menikmati keindahan alam di Desa Wisata Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Gelar Desa Wisata 2021 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) resmi dimulai, gelaran yang diadakan oleh Pemprov Jateng melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata mengangkat tema ‘Desaku Bangkit, Tangguh dan Mandiri’. Gelar Desa Wisata 2021 ini dilaksanakan selama 2 bulan, dari awal September sampai dengan akhir Oktober 2021 nanti.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, untuk tahun ini Gelar Desa Wisata 2021 Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan secara virtual. Peserta perwakilan 35 Kabupaten Kota se Jawa Tengah membuat video dan meng-upload di Youtube, yang nantinya akan dinilai oleh panitia mulai tanggal 1 hingga 5 Oktober 2021.

Pesona lanskap hutan pinus dengan latar belakang pegunungan seribu salah satu view Desa Wisata Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

“Ada 4 kategori yang dilombakan oleh para peserta, yaitu Profil Desa Wisata, Pengelolaan Desa Wisata, Produk Inovasi dan Seni Budaya,” terang Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan  Pariwisata Kabupaten Kebumen M. Arifin, melalui pesan elektronik, Jumat (1/10/2021).

Dikatakan, bahwa pada kesempatan tahun ini kabupaten Kebumen diwakili oleh Desa Wisata Karangsambung, ini  mengacu pada klasifikasi Desa Wisata Maju yang ditetapkan dengan SK Bupati.

“Kami yakin Desa Wisata Karangsambung dapat meraih Juara Pada Gelar Desa Wisata 2021 karena Desa Karangsambung mempunyai berbagai potensi yang berkelas nasional bahkan internasional, karena terdapat banyak Geosite Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong,” ujar Arifin.

Lanjut Arifin, tidak hanya itu Karangsambung juga memiliki daya tarik wisata nan elok, yakni Pentulu Indah dan River Tubing, memiliki kesenian serta kuliner khas desa. “Kabupaten Kebumen memiliki 19 Desa Wisata yang telah ber SK Bupati, dengan Klasifikasi Maju sebanyak 5 Desa, Berkembang 12 desa, dan 2 desa dengan Klasifikasi Rintisan,” pungkasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here