Home Ekonomi Desa Ngargosari Kulon Progo Bangun Gedung Baru Bumdes nan Megah

Desa Ngargosari Kulon Progo Bangun Gedung Baru Bumdes nan Megah

202
0
Gedung baru Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ngargosari Binangun, Jalan Panggaji Km7 Ngaliyan, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. (Foto: Kiriman Alim Setyobudi)

BERNASNEWS.COM — Warga Kelurahan Ngargosari patut bangga sebab tidak lama lagi secara resmi akan memiliki gedung baru dan megah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ngargosari Binangun, di dekat Kantor Polsek Samigaluh tepatnya di Jalan Panggaji Km7 Ngaliyan, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

“Semula gedung lama Bumdes Ngargosari Binangun berada di bawah Kantor Desa Ngargosari dengan ruang yang cukup sempit dan kurang memadai untuk pengembangan ke depan. Sehingga dibuatlah gedung baru berlantai dua,” ungkap Drs. Alim Setyobudi selaku Ulu-ulu Kelurahan Ngargosari melalui whatsapp (WA) kepada Bernasnews.com, Selasa (15/9/2020).

Tampak depan gedung baru Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ngargosari Binangun. (Foto: Kirman Alim Setyobudi)

Menurut Alim Setyobudi, bahwa gedung baru itu dibangun dengan Dana Desa Tahun 2019 sebesar Rp 301.622.440,- dan disempurnakan dengan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 68.126.800,-. “Rencana lantai satu untuk BisaMart semacam toko swalayan serba ada dan lantai dua untuk unit keuangan simpan pinjam,” terang Alim.

Unit Pertashop yang melayani penjualan eceran Pertamax dari Pertamina. (Foto: Kiriman Alim Setyobudi)

Selanjutnya pada tahun 2020 ini, lanjut Alim, juga dibangun Unit Usaha Pertashop Pertamax yang merupakan milik Pertamina. “Tapi baru uji coba operasional lebih dahulu, apabila menjanjikan nantinya akan dibeli oleh Bumdes Binangun Kalurahan Ngargosari,” ujarnya.

Sementara beberapa unit usaha yang dikelola oleh Bumdes Binangun Kalurahan Ngargosari, antara lain, unit keuangan simpan pinjam, pelayanan pembayaran listrik PLN, unit pertashop (penjualan eceran pertamax), jasa fotocopy dan penjualan alat tulis kantor (ATK), unit pengiriman paket, pangkalan gas elpiji, serta toko swalayan BisaMart.

Des. Alim Setyobudi selaku Ulu ulu Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY. (Foto: Dok. Pribadi)

“Penyertaan modal dari desa untuk memacu usaha tersebu pada tahun 2019 sebesar Rp 10.000.000,- dan pada tahun anggaran 2020 ini modal penyertaan ditambah sebesar Rp 60.271.510. Proses pembangunan gedung baru itu sekitar tiga bulan, kini sudah jadi dan tinggal finishing, serta proses pindahan. Menurut rencana akan diresmikan oleh Bupati Kulon Progo,” tutup Alim Setyobudi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here