Home News Dengan Naik KA Bandara, Waktu Tempuh Jogja-YIA Kulonprogo Cuma 40 Menit

Dengan Naik KA Bandara, Waktu Tempuh Jogja-YIA Kulonprogo Cuma 40 Menit

153
0
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau KA Bandara Jogja-YIA, Jumat (27/8/2021. Foto: Humas Pemda DIY

BERNASNEWS.COM – Waktu tempuh dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo kini hanya 40 menit dengan menggunakan Kreta Api (KA) Bandara. Sebelumnya, waktu tempuh Jogja-YIA mencapai 1,5 jam.

Peluncuran pengoperasian KA Bandara dilakukan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (27/8/2021 di Stasiun Keberangkatan Kereta Bandara YIA Lantai 3 Bandara YIA Kulonprogo.  

“Kereta Api Bandara termasuk salah satu proyek strategis nasional yang dikerjakan sejak tahun 2015 dengan anggaran senilai Rp 1,1 triliun. Operasional kereta bandara ini melengkapi sarana pendukung Bandara YIA selain moda transportasi darat lain, seperti taksi dan Bus Damri yang sebelumnya sudah beroperasi,” kata Menkomarvest Luhut B Pandjaitan.

Dikatakan,dengan beroperasnya KA Bandara, maka waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA yang sebelumnya mencapai 1,5 jama kini bisa dipangkas menjadi hanya 40 menit.

(Baca juga: Dengan Naik KA Bandara, Waktu Tempuh Jogja-YIA Kulonprogo Cuma 40 Menit)

Dikatakan, dengan beroperasinya KA Bandara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, aksesibilitas masyarakat akan semakin mudah dan lebih ramah lingkungan. “Kita tahu Yogyakarta adalah kota pelajar dan daerah tujuan wisata sehingga kereta ini disiapkan untuk meningkatkan tujuan wisata ke daerah ini,” ujar Menkomarvest yang dikutip Bernasnews.com dari Humas Pemda DIY, Senin (30/8/2021).

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Sri Sultan Hamengku Buwono X, meresmikan KA Bandara Jogja-YIA, Jumat (27/8/2021 di Stasiun Keberangkatan Kereta Bandara YIA Lantai 3 Bandara YIA Kulonprogo. Foto: Humas Pemda DIY

Menurut Luhut, operasional KA Bandara diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Di kereta api seluruh operator harus memperhatikan mengenai masalah Covid-19, selain memelihara, meningkatkan keselamatan penumpang, kenyamanan.

“Saya berharap semua ini akan berjalan dengan baik. Pak Sultan saya juga mohon ini kita pelihara sama-sama untuk menjadi satu service yang bagus kepada masyarakat maupun turis yang datang,” pesan Luhut.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat mulai persiapan hingga KA Bandara kini telah beroperasi, meski harus diakui operasional bandara di Kulonprogo ini tersendat akibat pandemi Covid-19.

“Kami punya kebanggaan, meski airport ini sempat terlambat karena adanya Covid-19 sehingga tidak sesuai dengan perencanaan awal bahwa YIA bisa didarati tidak hanya domestik tetapi juga dari luar (internasional),” ujar Sri Sultan.

Sri Sultan berharap masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan keadaan sehat dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat agar pandemi Covid-19 juga segera usai dan kegiatan masyarakat bisa kembali normal lagi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here