Home News Dari Perahu Naga, Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Ladongi

Dari Perahu Naga, Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Ladongi

51
0
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki, Menteri Seskab Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, dari atas perahu naga, Selas 28 Desember 2021. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan bendungan. Kali ini, yang diresmikan adalah Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Presiden Jokowi meresmikan bendungan tersebut dari atas perahu naga.

Menurut Presiden Jokowi, Bendungan Ladongi seluas 222 hektar tersebut akan menjadi sumber air untuk sawah-sawah di kabupaten sekitarnya. Selain itu, bendungan tersebut layak dikembangkan menjadi destinasi wisata.

“Dari atas perahu naga, saya meresmikan Bendungan Ladongi di Kab. Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, hari ini. Bendungan seluas 222 ha ini akan menjadi sumber air bagi sawah-sawah di kabupaten sekitarnya. Selain itu, Bendungan Ladongi layak dikembangkan jadi destinasi wisata air,” cuit Presiden Jokowi di akun twitternya @jokowi yang diunggah pada Selas 28 Desember 2021.

Bersama Menteri PUPR, Menteri Sekretaris Kabinet Pramonono Anung dan Meneri Investasi Bahlil, Presiden Jokowi mendayung perahu naga diiringi suara tabuhan gendang di atas perahu naga. Selain sumber irigasi, bendungan tersebut juga layak menjadi destinasi wisata air.

Mengapa membangun bendungan? Menurut Presiden Jokowi, jika Indonesia ingin mencapai kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan, maka ketersediaan air adalah kunci. Karena itu, pemerintah terus membangun bendungan di seluruh provinsi di Tanah Air.

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi juga meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2017 dengan luas genangan 232 hektare dan bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektare sawah.

“Saya kembali meresmikan sebuah bendungan baru. Kali ini, yang saya resmikan adalah Bendungan Pidekso di Kab. Wonogiri, Jawa Tengah. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2017, luas genangan 232 hektare, dan bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektare sawah,” kata Presiden Jokowi dikutip Bernasnews.com dari akun twitter resminya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here