Home News Dari Hasil Rapid Tes Warga di Bantul, Dua Orang Diketahui Reaktif

Dari Hasil Rapid Tes Warga di Bantul, Dua Orang Diketahui Reaktif

415
0
Data kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul hingga Senin (4/5/2020). Foto : repro corona.bantulkab.go.id

BERNASNEWS.COM – Pada Selasa (5/5/2020), Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bantul melakukan skrining rapid tes di halaman parkir Komplek Pemda 2 di depan Dinas Kesehatan Bantul. Rapid tes diikuti 170 orang yang memenuhi kriteria dari 414 yang mendaftar.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bantul dr Sri Wahyu Joko Santoso, Selasa (5/5/2020), dari peserta 170 yang tersaring tersebut harus mengikuti 2 kali tahapan rapid tes. “Dan dari hasil rapid tes tahap pertama hari ini didapat 2 orang yang reaktif (rapid tes positif). Riwayat penularan keduanya sedang ditelusuri.

Dikatakan, saat ini kedua klien tersebut berada di PKU Bantul untuk penjadwalan swab pemeriksaan PCR. “Pelaksanaan rapid tes bagi awam yang beresiko ini bertujuan untuk meluaskan dan mempercepat penemuan orang tanpa gejala sehingga bisa segera dipisahkan dari yang lain agar penularan bisa dicegah,” kata dr Oki-sapaan dr Sri Wahyu Joko Santoso.

Menurut dr Oki, kegiatan sekrining rapid tes tersebyt diikuti warga Bantul. Pesrrta yang mengikuti sekrining ini dimulai hari minggu sore diawali dengan mendaftar lewat aplikasi yang disediakanoleh Kominfo Bantul. Dalam sistem itu, warga yang mendaftar disaring secara sistem dengan kriteria pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, orang tanpa gejala yang berkontak erat dengan pasien positif.

Dan yang mendaftar 414 orang, namun yang tersaring memenuhi kriteria ada 170 orang. “Dari 170 peserta yang tersaring tersebut harus mengikuti 2 kali tahapan rapid tes. Dan hasil rapid tes tahap pertama hari ini didapat 2 orang yang reaktif (rapid tes positf). Riwayat penularan keduanya sedang ditelusuri,” kata dr Oki. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here