Home News Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang jadi Kasdam VI/ Mulawarman

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang jadi Kasdam VI/ Mulawarman

232
0
Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan S.IP MM. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan dipromosikan menjadi Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman. Kodam VI/Mulawarman merupakan Kewilayahan Pertahanan TNI AD yang meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pada hari Selasa, 10 Agustus 2021, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan pamit kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Pada kesempatan itu, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan melaporkan bahwa TNI AD telah mengirimkan 120 tenaga kesehatan (nakes) terlatih (non-dokter) yang akan membantu pelaksanaan akselerasi vaksinasi di tingkat RT/RW.

“Kami sudah terjunkan 120 orang nakes. Mereka sudah selesai ketugasan di Jakarta, lalu kini ditarik untuk membantu Jogja. Sekarang sudah disebar di Kabupaten/Kota di DIY yang akan membantu program vaksinasi. Jadi tidak ada alasan lagi kalau daerah kekurangan tenaga untuk vaksinasi,” kata Brigjen Ibnu Bintang Setiawan seperti dikutip Bernasnews.com dari Humas Pemda DIY, Rabu (11/8/2021).

Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Arh Ibnu Bintang Setiawan S.IP MM. Foto: Istimewa

Program percepatan vaksinasi di level mikro ini berada di bawah koordinasi kabupaten/ kota dan kelurahan/ kalurahan setempat. Kabupaten/kota diminta untuk selalu mengecek ketersediaan stok vaksin di wilayah masing-masing.

Sementr Sri Sultan Hamengku Buwono X mengutarakan pusat akan selalu memastikan bahwa pasokan stok vaksin di DIY selal tercukupi.

“Bapak/Ibu Bupati silakan dapat menelpon saya kapan pun kalau stok vaksinnya menipis. Provinsi bisa meminta tambahan vaksin lagi kepada usat (Kementerian Kesehatan RI),” ujar Sri Sultan, Senin (9/8/2021) saat Rakor Percepatan Vaksinasi bersama Bupati/Walikota se-DIY. Pada rapat terbatas yang digelar di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan itu, Sri Sultan mengatakan jumlah tenaga dari TNI/Polri untuk membantu percepatan vaksinasi di level mikro cukup.

Pada kesempatan itu, Sultan HB meminta jajaran Korem 072/Pamungkas melalui Babinsa dan Babinkamtibmas agar mengawal kesuksesan vaksinasi di level mikro. “Kita mobilisasi tenaga dari TNI maupun Polri dengan Puskesmas dan sebagainya, jumlahnya itu cukup. Langsung sajalah, sekarang penularannya di keluarga dan tetangga. Untuk teknisnya kelurahan/kalurahan akan mengumpulkan (warga yang akan divaksin), kecuali untuk disabilitas, mungkin perlu jemput bola ke rumah yang bersangkutan,” ujar Sri Sultan.

Dalam pertemuan itu, menurut Brigjen Ibnu Bintang Setiawan mengatakan bahwa Ngarsa Dalem banyak bercerita tentang penanganan Covid-19 di DIY. “DIY sempat jadi perhatian nasional, tapi perkembangannya kan cukup baik, sehingga Jogja jadi contoh dalam hal penanganan pandemi Covid-19. Tadi banyak disinggung soal penanganan Covid-19,” imbuh Brigjen Ibnu Bintang.

Pada kesempatan itu, Brigjen Ibnu Bintang mohon doa agar di tempat tugas yang baru berjalan lancar. “Saya mohon pamit karena tugas di Jogja sudah selesai. Saya minta doa Sri Sultan karena bagaimana pun ini doa dari seorang raja, agar tugas baru saya bisa lancar,” kata Brigjen Ibnu Bintang. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here